Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tetap sehat di 10 puasa hari terakhir

(Sumber Gambar : www.freepik.com)

Ketika puasa, maka kita harus tetap menjaga kesehatan agar kewajiban puasa ramadan dapat dilaksanakan dengan lancar. Meskipun puasa sendiri mempunyai segudang manfaat yang luar biasa, akan tetapi kita juga harus menyiapkan tubuh yang sehat juga untuk menjalani puasa selama satu bulan.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia menyatakan bahwa puasa ramadan bermanfaat sekali untuk detoksifikasi, mengontrol gula darah, melawan infeksi, meningkatkan hormon pertumbuhan, mengurangi kolesterol tubuh, menurunkan berat badan, meminimalisir tumbuhnya sel kanker, dan mencegah depresi.

Dengan banyaknya manfaat yang positif, maka sangat sayang jika saat puasa kita tidak menunjang dengan menjaga kesehatan kita. Agar 10 hari terakhir ini tetap sehat dan kuat untuk menyiapkan hari raya idul fitri juga, maka coba terapkan 5 tips berikut!

a. Makan buah dan sayur

Sayur yang mengandung banyak serat bagus untuk menunjang puasa, apalagi jika ditambah dengan buah-buahan. Keduanya mampu menutrisi tubuh sehingga akan tetap kuat, sehat dan bugar. Hidangkan keduanya di saat berbuka puasa dan sahur.

b. Memperbanyak cairan (minum)

Waktu makan dan minum memang hanya di malam hari, maka jangan abaikan untuk banyak minum air putih agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Minumlah saat bangun untuk sahur, setelah sahur, ketika berbuka puasa, setelah salah maghrib, setelah makan malam, setelah salah isya, setelah salat tarawih dan sebelum tidur.

c. Mengonsumsi kurma saat berbuka dan sahur

Kurma mengandung mineral seperti fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium sehingga sangat bagus untuk dikonsumsi di saat berbuka dan sahur agar tubuh selalu sehat saat menjalani puasa ramadan.

d. Mengonsumsi suplemen atau Vitamin

Selain mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin, maka coba penuhi juga asupan harian dengan mengonsumsi vitamin kemasan agar tercukupi. Seperti vit. D, vit. C atau vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

e. Memperbanyak asupan protein

Protein sangat diperlukan oleh tubuh saat puasa karena dapat meningkatkan kekuatan otot dan mempercepat regenerasi sel-sel baik dalam tubuh. Sajikan protein saat berbuka dan sahur setiap hari, seperti ikan, daging, telur, tahu dan tempe.

Nah, 10 hari terakhir terkadang juga agak kerasa lebih berat karena sudah malas untuk sahur atau makan makanan yang sehat. Maka hindari prilaku tersebut, tetaplah mengkonsumsi makanan yang sehat atau menambah dengan olehraga agar aliran darah lancar.





Posting Komentar untuk "Tetap sehat di 10 puasa hari terakhir"