Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Olahan Kurma Untuk Berbuka Puasa

Kurma adalah salah satu makanan khas saat puasa ramadan. Banyak pedagang kurma dadakan saat puasa ramadan karena banyaknya peminat buah ini untuk sajian berbuka puasa. Dengan makan buah ini saat berbuka maka akan mendapatkan sebuah kebaikan sebagaimana yang dicontohka oleh Nabi Muhammad SAW.

Kurma memiliki segudang manfaat. Menurut direktorat jenderal pelayanan kesehatan republik Indonesia kurma bagus untuk mengobati gangguan pencernaan, masalah jantung, anemia, disfungsi seksual, diare, kanker, dan kondisi yang lainnya. Kenapa bisa sebagus itu kurma?

Kurma sebagus itu manfaatnya karena mengandung mineral seperti fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium. Jika kamu merasa ada gangguan seperti diatas, maka cobalah memperhatikan saran dari dr. Zaidul Akbar untuk mengkonsumsi kurma sebanyak 7 butir dalam sehari agar tubuh semakin sehat.

Nah, agar kurma tidak dinikmati begitu-begitu saja. cobalah membuat olahan kurma yang enak untuk berbuka puasa. Cobalah 3 resep berikut!

1. Susu kurma

(Sumber gambar : www.freepik.com)

Susu kurma sudah familir di kalangan masyarakat. Apalagi sekarang banyak kemasan susu kurma instan di toko-toko. Nah, jika kamu punya stok kurma banyak di rumah cobalah membuat susu kurma yang bagus untuk menunjang puasa ramadan. Dengan mengonsumsi susu kurma bisa mengatasi anemia, meningkatkan stamina, mencegah sembelit, menjaga kekebalan tubuh, menurukan stres dan lainnya.

Cobalah membuat susu kurma menggunakan resep dari cookpad oleh ibu Annisa Rahmatillah berikut:

Bahan-bahan

a. 5 biji kurma

b. 250 ml susu uht

Cara membuatnya

a. Masukkan kurma yang sudah dibuang bijinya ke dalam blender, kemudian susu uht. Blender keduanya hingga kurma hancur.

2. Puding kurma

(Sumber Gambar : Kompas.com)

Puding adalah salah satu makanan penutup yang bisa dijadikan makanan saat takjil. Jika biasanya kalian membuat puding rasa-rasa buah. Maka sekarang cobalah membuat puding rasa kurma dengan resep berikut:

Bahan-bahan

a. Agar-agar plain

b. Kurma yang sudah diblender halus

c. Air 900 ml

d. Gula 120 gr

Cara membuat

a. Campur semua bahan menjadi satu.

b. Masak dan aduk hingga mendidih

3. Kolak kurma

(Sumber Gambar : Kumparan)

Jika ramadan, kolak adalah salah satu makanan yang menjadi kesukaan orang-orang. Kita mungkin sering menemukan kolak labu, pisang, kacang hijau dan lainnya. Maka cobalah dengan membuat kolak yang dicampur dengan kurma.

Bahan-bahan

a. Kurma 8 biji

b. Ubi 300 gram

c. Santan 1 sachet

d. Gula 100 gram

e. 1 sdt Vanili cair

f. Air 1000 ml

g. 1 sdt garam

Cara membuat

1. Potong sesuai selera kurma dan ubi.

2. Rebus air hingga mendidih, kemudian masukkan ubi agar empuk duluan.

3. Masukkan kurma, santan, gula, vanili cair dan garam.


Menarik sekali ya?

Jadi kita bisa menikmati olahan kurma yang beda dengan biasanya. Cobalah dari tiga resep tersebut, atau cobalah bereksplorasi dengan resep-resep terbaikmu!





Posting Komentar untuk "Olahan Kurma Untuk Berbuka Puasa"