Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seberapa Istimewa Bulan Ramadan?

 

(Sumber gambar : www.freepik.com)

Kira-kira menurutmu seberapa Istimewa bulan ramadan?

Pernah nggak kepikiran, kenapa semua suka dengan datangnya bulan ramadan?

Ramadan memang sangat ditunggu kedatangannya, kehadirannya sangat diagungkan dan dimuliakan oleh seluruh umat muslim di dunia. Ada yang tidak mau menyianyiakan sebulan kedatangannya karena ramadan begitu Istimewa.

Kemudian istimewanya apa?

Yuk kita Simak penjelasan dibawah ini!

1.   Dibukanya pintu-pintu surga dan ditutupnya pintu neraka

Dalam salah satu hadits yang diriwayatkan oleh HR Ahmad, bahwa pada bulan ramadan pintu-pintu surga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup. Ini menjelaskan bahwasanya pada bulan ramadan kita harus berlomba-lomba dalam kebaikan. Menambah amalan baik daripada hari-hari biasanya.

Rasulullah saw bersabda:


قَدْ جَاءَكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌمُبَارَكٌ افْتَرَضَ اللهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ تُفْتَحُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَنَّةِ وَيُغْلَقُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَحِيْمِ وَتُغَلًّ فَيْهَ الشَّيَاطَيْنُ فَيْهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ ألْفِ شَهْرٍ 


Artinya: Telah datang bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu. Saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan (HR Ahmad) 

2.   Membebaskan penghuni neraka

Pada bulan ramadan, Allah memberi kesempatan kepada siapapun untuk bertaubat. Jika kita merasa banyak dosa di satu tahun sebelum ramadan, Allah mempersilahkan untuk seluruh umatnya agar memohon taubat. Seperti pada hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, bahwasanya orang yang menginginkan kebaikan, maka Allah menyerukan untuk banyak berbuat baik. Jika sebaliknya, Allah menyuruh untuk menahan.

3.   Penghapus dosa

Rasulullah saw bersabda:


اَلصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ وَالْجُمْعَةُ إلَى الْجُمْعَةِ وَرَمَضَاُن إلَى رَمَضَانَ مُكَفِّرَاةٌ مَا بَيْنَهُنَّ إذَاجْتَنَبَ اْلكَبَائِرَ 

Artinya: Jarak antara shalat lima waktu, shalat Jumat dengan Jumat berikutnya dan puasa Ramadhan dengan Ramadhan berikutnya merupakan penebus dosa-dosa yang ada diantaranya, apabila tidak melakukan dosa besar (HR Muslim).

Bagaima tidak Istimewa?

Allah memberikan kesempatan yang luar biasa, yaitu bertaubat sehingga dosa-dosa yang telah kita lakukan dalam setahun Allah permudah untuk menghapusnya di bulan suci Ramadan. Enak sekali bukan?

4.   Memberi buka untuk orang yang puasa

Sering lihat orang berbagi takjil di jalan?

Atau orang memberikan sumbangan untuk berbuka puasa di masjid?

Nah, itu adalah salah satu contoh bahwa memberi makan berbuka untuk yang berpuasa itu bernilai seperti orang yang berpuasa.

Rasulullah saw bersabda:


مَنْ فَطَرَ صَائِمًا كُتِبَ لَهُ مِثْلُ أجْرِ الصَّا ئِمِ لَا يَنْقُصَ مِنْ أجْرِ الصَّائِمِ شَيْئٌ


Artinya:  Barangsiapa memberi perbukaan (makanan atau minuman) kepada orang yang berpuasa, maka dia akan mendapat pahala seperti pahala orang yang berpuasa itu, tanpa mengurangi sedikitpun pahala orang yang berpuasa tersebut (HR Ahmad).

5.   Sedekah

أيُّ الصَّدَقَةِ أفْضَلُ؟ قَالَ صَدَقَةٌ فَيْ رَمَضَانَ


Artinya: Rasulullah saw pernah ditanya, “Sedekah apakah yang paling mulia?” Beliau menjawab: “Yaitu sedekah dibulan Ramadhan” (HR Tirmidzi).

Pada bulan Ramadan seperti ini banyak sekali Yayasan-yayasan yang membuka donasi untuk kegiatan berbuka Bersama anak yatim, membagi bingksan Ramadan dan idul fitri, sumbangan masjid, atau yang lainnya. Kegiatan ini ingin mewadahi siapapun yang ingin banyak bersedekah di bulan suci Ramadan ini karena sedekah di bulan Ramadan adalah sedekah yang paling mulia.

Sedekah bis akita berikan kepada orang-orang terdekat kita, orang tua, saudara, tetangga, siapapun yang terdekat tanpa perlu diberikan kepada Yayasan penerima sedekah.

6.   Doa orang puasa mustajab

Banyak-banyak berdoa di bulan ramadan adalah cara jitu untuk mencapai sesuatu yang diinginkan. Jika kamu menginginkan sesuatu, maka banyak-banyaklah berdoa agar Allah kabulkan.

Rasulullah saw bersabda:


ثَلَاثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٍ ؛دَعْوَةُ الصَّائِمِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُوْمِ


Artinya: Ada tiga macam doa yang mustajab, yaitu doa orang yang sedang puasa, doa musafir, dan doa orang yang teraniaya (HR Baihaqi).

 

7.       Umrah berpahala Haji

Antrian haji yang lama bikin was was?

Pasti kepikiran, apakah umur kita sampai atau tidak saat dipanggil ke baitullah?

Ada salah satu keistimewaan pada bulan ramadan, yaitu melaksanakan umrah berpahala setara haji. Jika kalian ada rezeki lebih, maka ambillah kesempatan yang luar biasa ini. Setidaknya jika Allah ambil sebelum waktunya berhaji, kita sudah berkesempatan umrah yang pahalanya sama dengan haji.

Rasulullah saw bersabda: 


فَإِنَّ عُمْرَةَ فِيْ رَمَضَانَ حَجَّةٌ

Artinya: Sesungguhnya umrah di bulan Ramadhan sama dengan pahala haji (HR Bukhari).

Begitu istimewanya bulan suci ramadan, jadi kepikiran kan? Apakah bisa melaluinya dengan puas dan bangga? Atau bahkan ramadan akan pergi berlalu dengan kita yang banyak peyesalan?

Mumpung ramadan masih awal, yuk kita gunakan waktu sebaik mungkin dengan memenuhi banyak amalan-amalan yang baik.

Posting Komentar untuk "Seberapa Istimewa Bulan Ramadan?"