Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nilai-Nilai Penting di Pesantren Saat Ramadan

 

(Sumber Gambar : Dunia Santri)

Apakah kamu pernah tinggal di pesantren?

Pesantren adalah salah satu lembaga pendidikan yang ada sejak zaman sebelum kemerdekaan. Pesantren merupakan lembaga khusus untuk mengkaji ilmu agama islam, namun sekarang pesantren telah bertransformasi menjadi berbagai jenis. Ada yang tetap fokus untuk pengkajian islam, dan ada juga yang memadukan antara ilmu agama dan ilmu umum.

Tinggal di pesantren memang terkesan tidak enak, menu makan yang biasa-biasa saja, mandi harus antri, menjemur pakaian juga harus rebutan. Apalagi harus berjibaku dengan hafalan demi hafalan yang tidak tahu kapan harus berakhir.

Tenang saja, itu hanya bayang-bayang negatif atau mungkin perasaan di tahun pertama saat tinggal di pesantren saja. tinggal di pesantren itu nikmat, tentunya kenikmatannya tidak serta merta langsung bisa dirasakan begitu saja. jika mau kenikmatan itu, maka lalui saja masa demi masa yang ada di depan mata.

Apalagi saat ramadan, banyak sekali nilai-nilai penting yang bisa dirasakan di pesantren. Nah, kira-kira apa saja kenikmatannya? Yuk simak!

1.     Berlomba-lomba dalam kebaikan

Jika kamu pernah di pesantren saat ramadan, pasti merasakan banyak sekali hal kebaikan yang bisa dilombakan dengan teman-teman. Contohnya adalah menyelesaikan bacaan Al-Qur’an. Saat ramadan, waktu kegiatan belajar mengajar di sekolah dikurangi agar santri banyak melakukan kegiatan yang lain. Maka dari itu banyak santri yang menghabiskan waktu setelah berjamaah untuk tetap di masjid menyelesaikan bacaan Al-Qur’an. Sehingga ada yang sudah selesai dalam kisaran waktu 2 pekan saja.

2.     Belajar Tanggung jawab

Puncak menjadi santri adalah ketika menjadi pengurus pesantren tingkat pelajar. Pada momentum ini, santri yang diamanahi menjadi pengurus mau tidak mau harus melayani pembagian takjil dan makan. Di pagi hari saat waktunya sahur, pengurus harus terlebih dahulu bangun untuk membangunkan anggota dan siap siaga di dapur untuk membagi menu makan kepada santri yang sudah antri.

Tanggung jawab tidak hanya pada pengurus, akan tetapi pengurus setiap kamar juga mempunyai tanggung jawab sesuai dengan tupoksinya. Contoh, Setiap hari, pengurus kamar mendelegasikan anggotanya untuk mengambil jatah dan membaginya untuk seluruh angota kamar.

3.     Kedisiplinan

Pesantren memang gudangnya belajar disiplin, maka saat ramadan santri harus lebih disiplin. Jika di rumah, mungkin akan mudah saja makan saat berbuka atau sahur karena sudah ada yang menyiapkan. Jika di pesantren?

Santri harus bangun dan antri untuk mengambil makan sahur dan berbuka. Semua harus dilakukan sendiri, jika tidak mengambil ya tidak ada jatah makan.

4.     Kesederhanaan

Ramadan di pesantren adalah bentuk pengajaran untuk pengendalian diri. Semua santri akan merasakan menu makan yang sama, meskipun jika di rumah akan berbeda. Ada yang makan berbuka dan sahur yang mewah, dan ada juga yang sebaliknya.

5.     Kebersamaan

Pesantren adalah tempat yang mengajarkan untuk selalu bersama. Kamar yang harus dihuni banyak orang, waktu mandi yang harus berbagi, dan yang lainnya. Kebersamaan inilah yang bertujuan untuk mengajarkan para santri harus tolong menolong dan bekerja sama.

Saat ramadan bisa sangat dirasakan kebersamaan itu, jika ada teman yang mendapat makanan dari rumah, sudah pasti akan dirasakan oleh teman yang lainnya.

Nah, nikmat kan di pesantren?

Tentunya masih banyak nilai positif yang bisa dirasakan saat ramadan di pesantren. Karena pesantren adalah lembaga pendidikan yang holistik. Seperti yang dikatakan oleh Nata Abuddin, dkk. Dalam jurnal ilmiah ilmu tarbiyah yang terbit pada tahun 2019 berjudul “Implementasi pendidikan karakter holistik islam di pesantren sebagai upaya membangun generasi berkarakter mulia”, yaitu pendidikan yang menyeluruh, meliputi aspek akademis, spiritual, sosial, dan emosional. Pendidikan di pesantren tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga membentuk karakter dan moralitas individu.

Kebutuhan pendidikan karakter dan moralitas sekarang sangat dibutuhkan oleh generasi penerus kita, maka pesantren adalah salah satu lembaga yang bisa menjadi pilihan untuk pendidikan anak-naka kita nanti. Jika kalian belum bisa memberi fasilitas pesantren kepada anak-anak kalian sekarang, cobalah cari pesantren ramadan yang ada di sekitar rumah agar anak-anak terlatih dan bisa memiliki nilai-nilai yang dupaparkan diatas. Ayo Mondok!

 

 

 

Posting Komentar untuk "Nilai-Nilai Penting di Pesantren Saat Ramadan"