Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mudik Melewati Kota Lamongan? Cobalah Soto Ayam Lamongan!

 

(Sumber Gambar : Katadata)

"Setiap hidangan khas dari daerah memiliki cerita panjang dan nilai sejarah yang tak ternilai, karena makanan adalah bagian tak terpisahkan dari identitas budaya suatu tempat." – Unknown

    Jika kamu mau mudik ke Jawa Timur dan melewati Kota Lamongan, cobalah Soto ayam Lamongan. Makanan yang sudah terkenal Dimana-mana, hampir di setiap daerah orang Lamongan berjualan soto ini. Soto lamongan ini memiliki cita rasa yang khas, dan berbeda dengan soto-soto yang lainnya. 

    Soto Ayam Lamongan ini memiliki cita rasa gurih dan seger, berbeda dengan daerah yang lain karena adanya perbedaan bumbu yang digunakan. Bumbu halus yang digunakan terdiri dari 10 siung bawang putih, 5-8 siuang bawang merah, 4 butir kemiri, 3 ruas jari kunyit, 1 sdt ketumbar, 2 ruas jari orang dewasa dan 1 sdt merica. Jadi, perbedaan ada pada penggunaan kemiri. Kemudian soto ayam Lamongan menggunakan koya yang menjadikan berbeda dengan soto khas daerah lain. Koya Soto ayam Lamongan terbuat dari kerupuk udang dan bawang putih. Kedua bahan digoreng terlebih dahulu kemudian dihaluskan sampai halus dengan cara ditumbuk. Dua bahan tadi yang menjadikan cita rasanya yang semakin unik dan banyak digemari.

    Dengan keunikan tersebut, sangat saying jika kalian lewat Kota Lamongan tapi tidak menyempatkan mencobanya. Ada dua tempat makan soto ayam lamongan terkenal di Kota Lamongan yang bisa kalian coba, berikut keterangannya:

1. Soto Ayam Lamongan Depot Asih Jaya

(Sumber Gambar : TripadVisor)

    Salah satu tempat makan soto ayam Lamongan adalah Depot Asih Jaya. Depot ini tepat di jalan utama Kota Lamongan yang menghubungkan Kabupaten Bojonegoro dengan Kabupaten Gresik. Tepatnya ada di Jl. Panglima Sudirman No. 84, Dapur Timur, Banjarmendalan, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Tarif setiap orangnya untuk makan di Depot ini membutuhkan kisaran Rp. 25.000,00-50.000,00.

2. Soto Ayam Lamongan Cak Mardi

(Sumber Gambar : Info Lamongan)

    Soto ayam Lamongan Cak Mardi ini juga cukup menjadi primadona untuk persotoan di Kota Lamongan. Kalian bisa mencarinya di Alamat Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 53, Jetis, Tlogoanyar, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Buka mulai pukul 07.00 – 21.00 WIB. Jika kalian ingin menanyakan sesuatu ke depot bisa menghubungi 085645478009.

Enak sekali ya? Sekali jalan untuk bersua dengan keluarga tapi bisa sekalian mencicipi makanan-makanan khas daerah yang dilewati seperti Soto Ayam Lamongan ini. Dengan mencicipi makanan khas seakan-akan kita merasakan kehangatan dan kebersamaan dengan orang-orang tersayang, tentunya bisa merasakan bagaimana makanan ini bisa menjadi khas dan berbeda dengan makanan-makanan yang lainnya.


Posting Komentar untuk "Mudik Melewati Kota Lamongan? Cobalah Soto Ayam Lamongan!"