Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Males Masak saat Sahur? Yuk Siapkan 7 Makanan ini saja!

Bulan ramadan adalah bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di dunia. Semua sangat senang dengan kedatangannya, sampai berbagai hal dipikirkan untuk menyambutnya. Apalagi ibu-ibu, pastis udah sangat sibuk menyiapkan menu-menu terbaik untuk keluarga. Mulai menu sahur sampai berbuka, mulai makanan berat sampai dengan pendamping.

Ibu-ibu kadang ada yang tidak bisa tidur gara-gara kepikiran masak saat sahur. Takut terlambat bangun jadi tidak bisa menyediakan makanan yang spesial untuk keluarga.

Jangan takut ya bu!

Ibu tetap bisa menyiapkan makanan sahur yang sehat dan bergizi, sehingga sangat bisa menunjang puasa ibu, suami dan anak-anak seharian.

Yuk, kita praktekkan beberapa menu yang sat set dan mudah untuk disiapkan saat sahur. Jadi, ibu nggak perlu panik sehingga mengganggu waktu tidurnya.

Ibu bisa menyiapkan beberapa menu berikut, ya!

1.   Frozen Food

(Sumber Gambar : www.freepik.com)

Pasti sudah sangat familiar ya bu, dengan frozen food?

Frozen food adalah makanan yang telah diproses dan kemudian dibekukan untuk menjaga kesegarannya. Nah, banyak sekali pilihan makanan frozen food yang bisa ibu simpan dan masak dengan cepat saat sahur. Seperti : Nugget ayam, sosis, dimsum, ayam bumbu, rendang, dan lain sebagainya.

2.   Olahan Ayam

(Sumber Gambar : www.freepik.com)

Olahan ayam adalah kesukaan semua manusia. Ayam adalah lauk pilihan secara umum untuk segala acara. Jadi, ibu bisa membeli daging ayam dalam jumlah yang lebih banyak agar bisa diporsikan sesuai dengan kebutuhan. Kemudian, ibu bisa memarinasi dengan bumbu yang sesuai dengan ibu. Seperti, ayam ungkep bumbu kuning, ayam teriyaki, ayam saus padang, sate ayam, dan lain sebagainya.

3.   Tahu dan Tempe

(Sumber Gambar : www.freepik.com)

Ibu, bisa menyetok tahu dan tempe untuk makanan saat sahur dan berbuka yang menyehatkan dan mengenyangkan. Ibu bisa memotong sesuai dengan tujuan masakan dan selera kemudian menyimpannya di kulkas. Siapkan sekalian bumbu yang diinginkan sehingga saat sahur tinggal memasaknya dengan cepat. Seperti, tahu tempe tumis dan tahu tempe goreng

4.  Oatmeal

(Sumber Gambar : www.freepik.com)

Sudah pernah makan oatmeal kan bu?

Oatmeal mrupakan jenis sereal yang terbuat dari gandum oat yang dihancurkan. Oatmeal biasanya dimasak dengan air atau susu kemudian ditambahkan diatasnya biji-bijian seperti kacang almond dan mede, buah-buahan seperti pisang, strawberry, blueberry, dan lainnya. Oatmeal cukup bagus untuk menu sahur karena kandungannya yang bagus sehingga dapat sehat dan bergizi karena tinggi serat dan nutrisi penting untuk tubuh saat puasa.

5.  Roti Panggang

(Sumber Gambar : www.freepik.com)

Roti panggang mudah kan bu?

Pasti ibu-ibu sudah sangat sering membuat menu sarapan roti panggang. Opsi ini bisa ibu pakai untuk menyiapkan menu sahur luh bu. Jadi, ibu tidak perlu khawatir menu sahur.

6.  Menu Telur

(Sumber Gambar : www.freepik.com)

Siapa yang tidak ada stok telur saat puasa?

Ibu pasti nyetok telur banyak kan?

Menu andalan setiap keluarga nih kayaknya, bagaimana tidak?

Telur mudah dimasak sehingga tidak memakan waktu banyak. Ibu bisa masak telur dadar, telur ceplok atau cukup telur rebus. Saat makan ditambah kecap atau saus atau sambal sudah pasti nikmat. Jadi, enak banget ya bu. Jangan lupa stok telur ya bu!

7.  Salad sayur atau buah

(Sumber Gambar : www.freepik.com)

Nah, ibu pastis udah sangat familiar dengan salad kan?

Ini bisa jadi menu sahur ibu sekeluarga luh. Salad sayur adalah hidangan sehat yang terdiri dari daun selada, tomat, mentimun, paprika, dan bahan lainnya. Sedangkan salad buah adalah campuran  buah segar seperti apel, melon, semangka, anggur, jeruk, strawberry, dan lainnya yang disajikan dengan saus salad atau dressing. Ini bisa menjadi pilihan untuk menu diet saat puasa.

Bagaimana bu? Mudah bukan?

Menyiapkan menu sahur memang cukup susah, karena ibu harus bangun lebih pagi untuk menyiapkan makanan. Apalagi kalau malamnya begadang, pasti berat ya bu. Tapi, ibu harus selalu ingat bahwa menyiapkan makanan untuk sahur dan berbuka adalah bagian dari ibadah. Jadi, ibu siapkan saja menu-menu praktis diatas ya bu!

Kalau ibu ada menu praktis yang lainnya, bisa ketik di kolom komentar ya!

 

 

2 komentar untuk "Males Masak saat Sahur? Yuk Siapkan 7 Makanan ini saja!"

  1. di rumahku juga nyetock telur mbak, bisa diolah beragam menu juga
    terus ayam juga punya simpanan beberapa kilo aja, memang praktisnya dibikin ayam goreng dan dinikmati sama sambel , gini aja udah enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, dan kalau ayam goreng mayoritas suka. hehe

      Hapus