Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Kegiatan Asyik saat Puasa Ramadan, Nomer 4 bisa dicoba!

 

Puasa ramadan adalah salah satu ibadah tahunan yang dijalankan selama satu bulan penuh, yaitu pada bulan ke-9 tahun hijriyah. Semua umat muslim harus menjalankan ibadah puasa, yaitu menahan makan, minum, melakukan hal-hal yang membatalkan puasa dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari.

Selain momentum puasa, ramadan juga bisa dikatakan sebagai bulan tarbiyah (pembelajaran) untuk diri karena banyak sekali ajaran agar manusia menjadi lebih sabar untuk menahan hal-hal buruk, dengan harapan meningkatnya ketakwaan manusia.

Menjalankan ibadah di bulan puasa juga menjadi keutamaan setiap manusia, karena dapat dilipatgandakan pahalanya daripada hari-hari biasa. Nah, agar ramadan kalian semakin bermakna, Simak beberapa kegiatan berikut agar ramadan kita lebih asyik dan penuh berkah.

1.   Shalat sunnah

(Sumber Gambar : www.freepik.com)

Dalam satu hari banyak sekali shalat sunnah yang bis akita kerjakan. Seperti shalat dhuha, shalat tahajud, shalat sunnah rawatib dan lain sebagainya. Shalat-shalat ini diharapkan mampu menjadi penyempurna shalat-shalat wajib kita yang 5 kali dalam satu hari. Nah, saat ramadan seperti ini jam kerja pasti berbeda dengan hari-hari biasa maka sangat bisa untuk melakukan shalat-shalat sunnah.

2.   Tilawah

(Sumber Gambar : www.freepik.com)

Sudah sering kan tilawah?

Saat ramadan setiap manusia pasti mempunyai ekspektasi untuk menghatamkan bacaan al-quran satu hari satu juz sehingga selama satu bulan bisa khatam satu Al-Qur’an. Ini bisa dilakukan sendiri-sendiri atau Bersama-sama dengan teman.

Oh ya, ada pilihan lagi jika kalian ingin memperdalam makna dan isi al-qur’an, dan tidak memungkinkan untuk menyelesaikan 30 juz itu tidak apa-apa. Ini juga menjadi pilihan yang baik.

3.   Menghafal surat-surat pendek

(Sumber gambar : www.freepik.com)

Surat-surat pendek rasanya sudah hafal di luar kepala ya?

Eits, tapi jangan salah terkadang malah banyak yang lupa. Apalagi kalau shalat yang dibaca surat itu itu saja, seperti Al-ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas. Nah, momentum ramadan ini bisa kita gunakan untuk mengingat ulang agar bis akita gunakan saat shalat lima waktu.

4.   Mengikuti Challenge

(Sumber Gambar : www.freepik.com)

Zaman media sosial ini sangatlah banyak penawaran untuk mengikuti tantangan-tantangan yang menarik untuk mengisi hari-hari agar lebih bermanfaat. Seperti, tantangan menulis satu artikel atau caption satu hari, membaca 1 juz Al-Qur’an, membaca satu hari 15 menit, dan lain sebagainya. Kalian bisa mencari tantangan yang ingin kalian ikuti di media sosial. Salah satu contoh tantangan yang ada adalah dari Blogger Perempuan Network (BPN), yaitu Ramadan Blog Challenge. Dalam kurun waktu 11 Maret – 9 April 2024 kita harus menulis 15 judul sesuai dengan keyword yang ditentukan oleh panitia. Tentunya ada persyaratan yang lain, kalian bis baca disini.

5.   Membuat konten

(Sumber gambar : www.freepik.com)

Sering buat konten media sosial?

Nah, salah satu kegiatan ini bisa kalian terapkan agar saat puasa semakin besemangat. Konten adalah sgala hal yang disajikan dalam bentuk informasi, ide, atau pesan yang dimaksudkan untuk disampaikan kepada audiens. Saat puasa ramadan begini kalian bisa membuat konten yang berkaitan dengan puasa, keutamaan bulan ramadan atau konten kebaikan yang bermanfaat untuk audien. Kalian bisa menggunakan Instagram, tiktok, facebook, atau youtube. Tidak perlu risau dengan desain, bisa menggunakan canva free. Jadi, jika ada waktu kosong coba buatlah konten melalui aplikasi-aplikasi yang kalian suka.

6.   Mencari resep masakan

(Sumber Gambar : www.freepik.com)

Saat puasa pasti sering kepikiran, nanti masa kapa ya buat buka?

Betul nggak?

Sekarang sangat mudah menemukan resep-resep makanan yang ingin dicoba, apalagi sudah ada Langkah-langkah yang dicontohkan oleh pemberi resep. Hamper resep segala makanan ada di media sosial. Tinggal kita saja, bagaimana memilih makanan yang sesuai dengan kesukaan keluarga kita.

Bagaimana? Asyik kan?

Bagaimana tidak, kan setelah beribadah kita bisa mengimbangi dengan kegiatan-kegiatan kekinian yang tentunya tidak akan membatalkan puasa. Selain 6 di atas, tentunya masih banyak kegiatan ibadah yang bisa dilakukan semampunya seperti bersedekah.

Yuk, mumpung baru awal ramadan kita organisir sebaik mungkin agar kita Ketika ditinggalkan tidak merasa kecewa karena tidak menyambutnya dengan suka cita.

 

Posting Komentar untuk "6 Kegiatan Asyik saat Puasa Ramadan, Nomer 4 bisa dicoba!"