Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Masjid Pilihan untuk Shalat Tarawih di Jakarta

 

(Sumber Gambar : Written.Id)

Sudah tarawih di masjid mana saja?

Masjid adalah tempat beribadah untuk umat islam, tempat untuk shalat dan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan yang berkaitan dengan syiar agama islam. Masjid mempunyai gaya arsitektur yang berbeda-beda sesuai dengan tujuan yang membangun atau persetujuan masyarakat jika masjid dibangun bersama.

Saat ini banyak sekali masjid yang bisa ditemukan dengan gaya arsitektur moderen. Dimana ada yang masih memegang desain tradisional, desain modern, dan ada pula yang menggabungkan anatara keduanya. Selain itu, saat ini sudah banyak masjid yang melengkapi dengan fasilitas yang modern juga, seperti lift, tempat wudhu yang rama lansia dan disabilitas, ruang pertemuan, perpustakaan, isi ulang air gratis, dan Wi-Fi.

Nah, bagi kamu warga Jakarta yang ingin keliling ke masjid-masjid yang ada di Jakarta, atau kamu yang kebetulan ada jadwal kunjungan kerja di Jakarta dan ingin mencoba shalat tarawih di Masjid-masjid Jakarta. 5 masjid ini dikunjungi untuk shalat tarawih atau shalat wajib.

1.        Masjid Istiqlal

(Sumber Gambar : Dream.co.id)

   Pasti sudah tahu kan masjid Istiqlal?

Masjid yang sangat mudah diketahui oleh seluruh umat muslim di Indonesia. Masjid ini sering disiarkan ke seluruh penjuru Indonesia saat shalat idul fitri dan idul adha. Sehingga siapapun yang pernah lihat di televisi setidaknya sudah pernah melihatnya.

Masjid istiqlal ini adalah masjid nasional yang ada di Kota Jakarta Pusat, menjadi masjid yang terbesar di Asia Tenggara. Masjid ini dibangun untuk memperingati kemerdekaan Indonesia sehingga bernama “Istiqlal” yang artinya adalah kemerdekaan.

Masjid ini diprakarsai oleh Presiden pertama yaitu Soekarno. Menurut wikipedia bahawa masjid ini diarsiteki oleh Friedrich Silaban, anak dari pendeta Lutheran yang berasal dari Huria Kristen Batak Protestan.

Jika kamu ingin berkunjung, carilah alamat Jl. Taman Wijaya Kusuma, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, atau lebih mudah dengan google map.

2.        Masjid Agung Sunda Kelapa


          (Sumber Gambar : tvOneNews.com)

Masjid yang terletak di Jl. Taman Sunda Kelapa No. 16, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta ini cukup bersejarah. Masjid yang sudah dibangun sejak 64 tahunan yang lalu ini, digagas oleh Ir. Gustaf Abbas yang kemudian didukung oleh masyarakat setempat dengan saling memberikan sumbangan dana untuk penyelesaian masjid ini.

Penyelesaian masjid ini cukup memakan waktu, sehingga Pemerintah Daerah DKI Jakarta saat masa Gubernur Ali Sadikin merasa perlu untuk membantu menyelesaikannya.

3.        Masjid Agung Al-Azhar

(Sumber Gambar : Wikipedia Bahasa Indonesia)

        Masjid yang ada dikelilingi lembaga pendidikan ini berada di Jl. Sisingamangaraja No. 1 RT 2/RW 1, Selong, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta. Masjid ini dibangun pad tahun 1953 – 1958. Menurut wikipedia, masjid ini adalah masjid terbesar di Jakarta sebelum diambil alih oleh Masjid Istiqlal.  Jika kalian ingin kesini, maka sangat mudah karena ada pilihan transportasi umum yaitu bus transjakarta dan MRT. Selama Ramadan ini, masjid ini mempunyai jadwal yang sudah lengkap selama satu bulan, mulai imam, khatib dan i’tikaf.

4.        Masjid Nurul Iman


                                                                  (Sumber Gambar : Republika Network)

Apakah kamu pernah tahu masjid yang menyatu dengan Mall yang besar?

Kita sering tahu masjid dan mushalla di mall pasti menyatu dengan tempat parkir, kecil dan sempit. Nah, masjid nurul iman ini terbilang masjid terbesar yang menyatu dengan mall. Masjid ini berada di lantai 7 Blok M Squere, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Masjid ini mampu menampung hingga lebih dari 6.000 jamaah dengan luas 4000 meter persegi.

Masjid ini juga mengusung konsep seperti masjidil haram Makkah. Mulai dari adanya replika Ka’bah, kemudian desain dan cat yang menyerupai masjidil haram.

Jadi enak kan? Bisa berbuka bersama di area blok M kemudian bisa dilajut dengan shalat tarawih di masjid ini.

5.        Masjid Agung At-Tin

(Sumber Gambar : liputan6.com)

     Masjid yang terletak satu area dengan TMII ini berada di Jl Raya Taman Mini Pintu 1 Jakarta Timur. Masjid yang selain digunakan untuk ibadah ini juga sering digunakan untuk berbagai acara syiar agama islam ini dapat menampung kurang lebih 25.850 orang.

Masjid ini dibangun oleh keluarga besar Presiden Soeharto untuk mengenang mantan ibu negara, Ibu Hj. Fatimah Siti Hartinah Soeharto. Sehingga nama Masjid At-Tin diambil dari nama Ibu Tin.

Safari masjid saat ramadan memang menyenangkan, selain bisa merasakan oase masjid yang tidak biasanya, tentunya ada hal yang bisa diambil pelajaran perbedaan dari satu masjid dengan masjid yang lain. Semua umat muslim tahu bahwasanya salah satu tempat yang Allah sukai adalah masjid sehingga alangkah lebih baiknya di bulan suci ramadan ini memperbanyak shalat jamaah di masjid jika hari-hari biasanya jarang mendatanginya. Karena menurut Recep Tayyip Erdogan, “Masjid adalah barak kami, kubah adalah penutup kepala kami, menara adalah bayonet kami, dan orang-orang beriman adalah tentara kami.”

Maka dari itu mari kita ramaikan masjid-masjid di bulan ramadan ini dengan sujud, doa, dan bacaan-bacaan al-qur’an kita!

 

 

Posting Komentar untuk "5 Masjid Pilihan untuk Shalat Tarawih di Jakarta"