Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Rekomendasi Masjid Menarik di Surabaya



(Sumber Gambar : Surabaya Tourism)

Bagaimana ramadannya?

Masih suka jalan-jalan ke Masjid?

    Ramadan memang istimewa, selain iming-iming pahala yang berlipat ganda dengan berbagai ibadah. Ramadan juga mempunyai tradisi-tradisi unik, seperti safari dari satu masjid ke masjid yang lain untuk mengetahui keunikan dan sejarah berdirinya sebuah masjid.

    Surabaya yang menjadi kota pahlawan tentu mempunyai banyak sejarah masa lalu yang berkaitan dengan penyebaran islam. Menurut pemkot Surabaya, tercatat ada 1318 masjid yang ada di Surabaya tersebar di seluruh kelurahan dan kecamatan. Dari keseluruhan itu pasti ada beberapa masjid yang berdirinya berkaitan dengan perjuangan para pahlawan di masa lalu. 

    Jika kalian berkeinginan untuk mengunjungi masjid-masjid bersama keluarga di ramadan ini, coba kunjungi 3 masjid ini!

1. Masjid Nasional Al-Akbar

(Sumber Gambar : TvOneNews.Com)
                                                                  
Masjid nasional yang terletak di ibu kota provinsi Jawa Timur, tepatnya di Surabaya ini sangat menarik untuk dikunjungi. Jika kalian sengaja berkunjung ke Surabaya, cobalah untuk datang ke masjid ini untuk sekedar mengikuti shalat jamaah. Jika tidak bertepatan dengan shalat fardhu, maka cukup shalat tahiyatul masjid. Selain itu, ada menara yang bisa diakses dengan membayar. Dengan naik ke atas menara, kita bisa melihat kota Surabaya dari ketinggian.

Masjid bergaya arsitektur Timur Tengah ini didirikan mulai tahun 1995 atas gagasan Soenarto Soemoprawiro yang menjabat walikota Surabaya saat itu. Pembangunan masjid sempat terhenti, akan tetapi bisa diselesaikan pada tahun 2000, dan diresmikan oleh Presiden ndonesia Abdurrahman Wahid. 

Saat ramadan seperti ini, masjid nasional al-akbar menjadi tujuan banyak orang karena bisa berbuka puasa sekalian dengan shalat tarawih disana. Masjid menyediakan takjil, akan tetapi bagi yang datang cepat maka akan dapat. Jangan risau jika tidak mendapat takjil dan makanan berbuka puasa, karena di ramadan seperti ini sekitaran masjid terdapat bazar ramadan. Banyak makanan yang dijual, selain makanan juga terdapat baju, tas, sepatu, suguhan hari raya dan lain sebagainya.

2. Masjid Sunan Ampel

(Sumber Gambar : Wikipedia Bahasa Indonesia)
Masjid ini menjadi masjid tertua yang ada di Surabaya. Masjid ini dibangun oleh wali songo (wali sembilan). Sehingga bisa menjadi tempat wisata religi. Masjid yang terletak di Jalan Masjid Ampel Nomor 53, kelurahan Ampel, kecamatan Semampir, Kota Surabaya ini dibangun sejak tahun 1421 oleh sunan ampel yang dibantu sahabat dan santri-santrinya.

Masjid sunan ampel ini mempunyai gaya arsitektur Jawa kuno yang masih ada nuansa Arab. Masjid ini mempunyai 48 pintu yang mengelilingi masjid. Banyak orang datang ke masjid ini selain untuk shalat adalah untuk ziarah ke makan di sekitaran masjid.

Jika kalian berkunjung kesana saat menjelang berbuka, jangan khawatir dengan menu berbuka. Karena disana banyak sekali menu berbuka puasa mulai dari makanan khas Indonesia hingga Timur Tengah. Kalian juga bisa berbelanja keperluan hari raya seperti pakaian, mukena, sajadah, sarung, kurma, air zam-zam dan lain sebagainya.

3. Masjid Cheng Ho

(Sumber Gambar : Tiket.com)

Memang ada ya masjid Cheng Ho di Surabaya?

Ya, ada. Masjid yang bernuansa warna meraah ini berada di Jalan Gading, Ketabang, Kecamatan Genteng, Surabaya tidak jauh dari gedung balai kota Surabaya. Masjid ini dibangun oleh Yayasan Haji Muhammad Cheng Ho Jawa Timur sebagai penghormatan kepala Laksamana Cheng Ho. 

Bangunan masjid memag unik, karena menyerupai kelenteng dengan oranamen yang kental dengan nuansa Tiongkok lama. Masjid Cheng Ho selain di Surabaya, ada di Pandaan, Palembang, dan Banyuwangi.

Jika kalian ingin berjamaah shalat disini, maka kalian bisa berbuka di tempat makan yang tidak jauh dari masjid sehingga lebih mudah untuk ikut shalat tarawih disini.

    Berkunjung ke masjid memang tidak harus di bulan ramadan, setiap saat kita dianjurkan untuk meramaikan masjid dengan sahalat lima waktu, kegiatan keagaamaan. Dengan berkunjung ke masjid-masjid yang tidak biasa, atau mempunyai sejarah di bulan ramadan adalah momentum yang baik untuk mendapatkan keberkahan dan keutamaan. 

    Jadi, mari kita manfaatkan momen berharga di bulan ramadan ini dengan merencanakan kunjungan ke masjid-masjid yang diinginkan untuk memperolah kedamaian, keberkahan, dan kedekatan dengan Allah di setiap langkah ibadah yang bisa kita lakukan di Masjid.

Posting Komentar untuk " 3 Rekomendasi Masjid Menarik di Surabaya"