Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Filosofi Baju Adat Jawa



Indonesia mempunyai banyak ragam adat pernikahan. Setiap adat mempunyai banyak rangkaian acara sebelum akad nikah sampai setelahnya.

Seperti yang sering kita lihat melalui media sosial, berbagai macam baju adat digunakan untuk momen pernikahan. Tentu setiap daerah mempunyai ciri khasnya masing-masing.

Aku orang Jawa yang dari dulu sebenarnya sudah sering melihat acara pernikahan menggunakan baju adat Jawa. Tapi tidak pernah mencari tahu filosofinya.

Sabtu lalu, kami berdua menjadi among tamu pernikahan adat Jawa. Sehingga aku mulai mencoba mencari tahu tentang baju adat Jawa ini.

Baju yang berwarna hitam ternyata filosofinya sangat bagus, karena mempunyai arti simbol kebijaksanaan dan kesempurnaan dalam falsafah adat Jawa.

Kenapa warna hitam menjadi pilihan saat acara pernikahan, tentu ada harapan besar di acara besar tersebut. Nah, harapannya rumah tangga yang akan dibangun bisa menjadi pasangan suami istri akan senantiasa dilimpahi kebijaksanaan dan menuju kesempurnaan seperti doa-doa baik yang dipanjatkan. 

Posting Komentar untuk "Filosofi Baju Adat Jawa"