Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Butuh Me Time Dan Self Care? Lakukan 5 aktivitas berikut (Nomor 5 wajib dilakukan)


Sumber gambar : www.freepik.com 

Banyak kegiatan terasa sesak nggak?

Butuh me time dan self care?

Pekerjaan yang menumpuk dan monoton terkadang membuat seseorang menjadi jenuh sehingga memunculkan kejenuhan dan tidak ada semangat baru untuk melakukan sesuatu. Melakukan kegiatan hanya untuk menggugurkan kewajiban saja tanpa ada rasa puas dan bahagia atas apa yang dilakukan. 

Bayangkan saja, salah satu contoh aktivitas ibu rumah tangga. Setiap hari mulai pagi sampai mau memejamkan mata berkutik dengan beres-beres rumah dan mengasuh anak. Aku yakin meskipun keduanya adalah peran yang mulia tapi sebagai manusia pasti akan menemukan rasa jenuh. Betul nggak?

Nah, jika sudah mengalami itu maka kamu sangat disarankan untuk melakukan me time dan self care yang sesuai denganmu. Apa itu me time dan self care?

Me Time dan Self Care

Me Time adalah istilah yang tidak asing di dunia media sosial akhir-akhir ini. Istilah semakin dikenal oleh semua kalangan terutama perempuan. Ternyata me time adalah kegiatan saat seseorang memberikan waktu khusus untuk dirinya sendiri dari kepenatan untuk menenangkan diri.

Self Care menurut definisi WHO dapat diartikan dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan upaya untuk tetap sehat secara fisik, termasuk menjaga kebersihan diri, memenuhi nutrisi yang diperlukan tubuh, dan mencari perawatan medis bila diperlukan.

Apakah kedua istilah mempunyai arti yang sama?

Sekilas saat dibaca sepertinya sama ya, Teman SI. Menurutku keduanya adalah saling berkaitan tapi berbeda. Me time adalah berkaitan dengan waktu dan dilakukan sendiri, sedangkan self care adalah bentuk kegiatan menjaga diri yang dapat dilakukan saat me time atau bersama orang lain.

Sejak dahulu kala, siapapun pasti butuh keduanya. Namun, istilah tersebut baru terkenal beberapa tahun terakhir. Jadi, kamu tidak perlu takut dikatakan butuh me time  dan self care di waktu-waktu tertentu karena kita sebagai manusia patut melakukan keduanya agar mental tetap sehat. Sehingga pekerjaan-pekerjaan yang akan dilakukan dapat dilakukan dengan baik dan tentunya ikhlas dan bahagia.

Saat-saat penat, kamu bisa melakukan 5 aktivitas berikut untuk me time dan self care  ya!

  1. Mengunjungi Tempat Favorit.

Sumber gambar : www.freepik.com 

Aku yakin kamu pasti punya tempat favorit. Entah tempat nongkrong, toko perabot, toko buku atau tempat belanja. Ini bisa menjadi salah satu pilihanmu  saat butuh me time dan self care agar tetap waras di saat-saat jenuh.


  1. Makan makanan kesukaan.

Sumber gambar : www.freepik.com 


Apakah kamu suka wisata kuliner?

Jika kamu suka, ini bisa menjadi salah satu opsi yang dapat dilakukan. Kamu bisa meminta izin pasangan atau keluarga untuk keluar sendiri menikmati makanan kesukaan di tempat makan langganan.


  1. Menonton Film di Bioskop.

Sumber gambar : www.freepik.com 


Setiap bulan pasti ada film-film Indonesia hingga luar negeri yang bisa dinikmati di bioskop. Jika kamu penyuka nonton film di bioskop, cobalah untuk keluar ke bioskop dan memilih film yang cenderung kamu suka. Kamu juga bisa search sebelum ke bioskop. 


  1. Melakukan Perawatan Tubuh.

Sumber gambar : www.freepik.com 


Sudah pernah ke salon perawatan tubuh? Jika belum cobalah sekali-kali untuk mengunjunginya. Meskipun hanya sekedar creambath atau facial. Tidak ada yang salah, karena merawat badan itu sangat diperlukan ya.

Jika kamu merasa punya pendapatan pas-pasan, cobalah menabung sedikit-sedikit setiap bulan, kemudian kamu bisa ke salon saat uangmu sudah cukup.


  1. Tidur berkualitas.

Sumber gambar : www.freepik.com 


Tidur adalah satu aktivitas yang tidak boleh terlepas dari manusia. Kualitas tidur cukup menjadi ukuran kesehatan mental juga loh. Jadi, jangan remehkan tidur. Jika kamu merasa tidak perlu untuk me time dan self care yang butuh mengeluarkan uang, maka kamu cukup dengan tidur yang berkualitas. Jika kamu sudah berumah tangga, maka mintalah izin dan tolong pasanganmu untuk menjaga anak. Apabila pasangan kita juga sedang sibuk, kita bisa berterus terang kepada keluarga untuk menjaga anak sebentar. Karena tidur 2-3 jam yang berkualitas cukup menjadi obat, dan saat bangun bisa segar kembali.


Menjadi manusia terbaik dengan bisa mengerjakan banyak hal memang sangat bagus. Tetapi, perlu kita ingat bahwa manusia sejatinya butuh waktu untuk menyendiri sejenak dan menjaga diri agar tetap sehat lahir dan batin. Jadi, jangan pernah abaikan dirimu sendiri. sesibuk apapun kamu, ambilah jeda! Berkompromi dengan orang-orang terdekatmu. Ingat kata mutiara dari Bola Lucille berikut ya!

“Cintailah dirimu sendiri terlebih dahulu, dan yang lainnya akan sejalan. Kamu benar-benar harus mencintai diri sendiri untuk menyelesaikan apa pun di dunia ini.” - Bola Lucille



Posting Komentar untuk "Butuh Me Time Dan Self Care? Lakukan 5 aktivitas berikut (Nomor 5 wajib dilakukan)"