Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BelajarBahasaArab#4-Seberapa Penting Belajar Bahasa Arab?

  Menurut teman-teman penting nggak belajar Bahasa arab?

Gambar : freepik.com

Bahasa arab adalah salah satu ragam Bahasa di dunia. Bahasa tersebut juga sangat familiar di kalangan umat muslim karena sebagai Bahasa peribadatan. Sehingga orang-orang muslim banyak yang belajar Bahasa arab sampai ke negera asalnya.

Bahasa arab juga menjadi mata pelajaran wajib di Indonesia seperti di madrasah-madrasah naungan kementrian agama, dan mata pelajaran wajib sekolah di sekolah-sekolah islam naungan kementrian Pendidikan dan kebudayaan.

Lembaga Pendidikan seperti pesantren sejak dulu juga memberikan pembelajaran Bahasa arab yang beragam. Ada yang masih menerapkan pembelajaran bahasa arab tradisional, ada yang sudah beralih ke pembelajaran bahasa arab moderen dan ada juga yang menerapkan keduanya

Dari uraian di atas, Menurut teman-teman penting nggak belajar bahasa arab?

Sebagai umat muslim, bahasa arab adalah bahasa yang sangat penting. Dimana Al-Qur’an berbahasa arab, kitab-kitab rujukan umat muslim juga berbahasa arab. Sehingga bahasa arab sangatlah harus dipelajari agar sedikit banyak teman-teman bisa memahami maksud bacaan Al-Qur’an, Hadits, dan kitab-kitab berbahasa arab.

Menurut Umar bin khattab,

تَعَلَّمُوْا الْعَرَبِيَّةَ، فَإِنَّهَا مِنْ ِديْنِكُمْ.

Artinya : Belajarlah bahasa arab, karena sesungguhnya bahasa arab adalah sebagian dari agamamu.

Ada pernyataan lain tentang pentingnya bahasa arab menurut At-Thabrani,

“Cintailah bahasa Arab karena tiga hal, yaitu bahwa aku adalah orang Arab, bahwa al-Quran adalah bahasa Arab, dan bahasa penghuni syurga di dalam syurga adalah bahasa Arab” (HR. at-Thabrani)

Jadi, bahasa arab itu penting untuk dipelajari. Meskipun tidak banyak yang dipelajari setidaknya teman-teman sedikit tahu tentang bahasa arab. Jika merujuk seperti hadits riwayat At-Thabrani, kalau bukan orang Arab asli setidaknya belajar bahasa arab karena Al-Qur’an adalah bahasa arab dan bahasa penghuni surga adalah bahasa arab.

 

Posting Komentar untuk "BelajarBahasaArab#4-Seberapa Penting Belajar Bahasa Arab?"