تحليل منهج تعليم اللغة العربية بمدرسة محمدية سبع عشرة المتوسطة الإسلامية بسورابايا.
اسس
مجلس التربية لمحمديّة لمنطقة إدارية بوييوغ سورابايا لأمتلاء الحاجة الادارية
لوصول الطلبة من مدرسة محمدية خمس عشرة الإبتدائية الإسلامية بوييوغ سورابايا والدعوة
الإسلامية في السنة 2007.وبدأ التدريس نفس
البناء بمدرسة محمدية خمس عشرة الإبتدائية الإسلامية بوييوغ سورابايا, وذاك الماضي
في السنة 2007 عدد الطلبة 25 طالبا فحسب وعدد المدرس فيه 10 مدرسا, ولكن عدد
المدرس في عام الدراسي 2016/2017 وهو 24 مدرسا و 6 مواظف.
والملامح المدرسي
العام لمدرسة محمدية سبع عشرة المتوسطة
الإسلامية سورابايا هو كما يلي:
الرقم
|
الملامح العام
|
التقرير
|
1.
|
اسم المدرسة
|
مدرسة محمدية سبع عشرة المتوسطة الإسلامية سورابايا
|
2.
|
النمرة
الإحصائية للمدرسة
|
204056015505
|
3.
|
عنوان المدرسة
|
في الشارع غوغور 4/4-8 وويونغ
سورابايا
|
4.
|
منح التراخيص
|
أ في السنة 2015
|
5.
|
مدير المدرسة
|
محمد عزم نوري, S.Pd
|
وأما
مبلوغ الفصل لعام الدراسي 2016/2017 هو 9 فصول, الفصل السابع يتكون من
الفصلين وهما الفصل السابع "أ" و"ب". الفصل الثامن يتكون من
أربعة فصول وهم الفصل الثامن "أ", "ب", "ج",
و"د". الفصل التاسع يتكون من ثلاثة فصول وهم الفصل التاسع
"أ", "ب" و"ج".
وأما الرأية والبعثة لمدرسة محمدية سبع عشرة المتوسطة الإسلامية سورابايا
1. الرأية
تحقيق المدرسة
الإسلامية الحديثة والإبداعية والمبتكرة بالتصفية علي العقيدة الإسلامية.
2. البعثة
أ) تحقيق العقيدة الإسلامية علي المدرسين
والمدرسان والموظفين والموظفات والتلاميذ.
ب) تحقيق التدريس الإبداعي والمبتكراعتمادا
علي المنهجالدراسي الوطني.
ت) تحقيق البيعة التعليمية التفضية
اعتمادة علي التكنولوجية.
ث) تحقيق التلاميذ والمدرسين الإحتياجات.[1]
ب.
المنهج
الدراسي بمدرسة محمدية سبع عشرة المتوسطة
الإسلامية سورابايا
المنهج
الدراسي في التعليم الرسمي وجمعه هو مناهج دراسية، وهو عبارة عن سياق للمواد
العلمية أو التربوية التي تلقن للمتعلمين خلال فترة الدراسة وذلك لجعل عملية
التعليم منسقة ومرتبة وغير مبعثرة.[2] منهج
هو كمثل الإناء لتعيين جهة التربية.
يستخدم
المدرسة المنهج الدراسي الوطني وهو منهج 2013 و KTSP.
يطبق منهج الدراسي 2013 إلا للفصل السابع , منهج الدراسي
KTSP للفصل الثامن والفصل التاسع. وأما
حمولة المادة الدراسية تنقسم إلي ثلاثة أقسام وهم كما يلي:
1. المادة الأساسي قائمة علي المنهج
الدراسي الوطني : علم الدين الإسلامي, الرياضية, علم التربية المدينة, علم
الإجتماعي, علم الطبيعي, الرياضة, علم الكمبيوتير, اللغة الإندونسية, اللغة الإنزليزية,
التوجيه والمشورة, علم الفن.
2. المادة الادارية بمدرسة المحمدية:
اللغة الجاوية, اللغة العربية, تاريخ التأسيس وثقافة حركة محمدية.
3.
المادة
الادارية بمدرسة محمدية سبع عشرة المتوسطة الإسلامية سورابايا : متعدد الوسائط,
قراءة القرأن وكتابته وتخفيظه, عو علم تطبيق العبادة اليومية.
يزيد
المدرسة المادة الحمولة بمدرسة محمدية سبع عشرة المتوسطة الإسلامية سورابايا مادة وسائل
الإعلامية هي لتنمية كفائة الطلبة في التكنولوجية. وأما امل في اول تأسيسها هو
لتكون المدرسة اعتمادة بالتكنولوجي. زيادة قراءة القرأن وكتابته وتخفيظه, عو علم
تطبيق العبادة اليومية لتنمية كفائة الطلبة عن قراءة القرأن وكتابته وتخفيظه
والمعاملة اليومية.
مدة
التدريس في الأسبوع هو خمس أيام للمادة الدراسية قائمة بالمنهج الدراسية الوطنية
والمادة الإدارية للمدرسة محمدية والمادة الادارية للمدرسة نفسها, ويوم واحد في
يوم السبت هو للمادة الإضافية. يبدأ التدريس في الساعة السادسة إلا الربع صباحا,
واستمرارا بقرائة القرأن فصليا مع الأستاذ أو الأستاذة في الحصة الأولي. أداء
الطلبة صلاة الضحي في حلال التدريس في الساعة التاسعة. أن صلاة الظهر والعصر أداء
في المسجد جماعة. ويرجع الطلاب في الساعة الثالثة والنصف بعد أداء صلاة العصر. مبلوغ
الخصة في الأسبوع هو 46 حصة
منهج تعليم اللغة العربية
مدة
الدراسة في مدرسة محمدية سبع عشرة المتوسطة الإسلامية سورابايا ثلاث سنوات كما في
نظام وزارة الشعون للتربية. وأما مدة التدريس لقد بين في الفقرة السابقة. كان منهج
تعليم اللغة العربية اعتمادا علي المنهج الدراسي من الوزارة الشعون الدينية. حصة
تعليم اللغة العربية في هذه المدرسة حصيتان في الأسبوع لكل الفصل.
أ. المطلب
الأول : أهداف تعليم اللغة العربية.
ذكر
في الإصطلاح "الأموربمقاصدها" أو وجب علي كل الأنشطات هدف معين, لأن الهدف
هو معيار لتأخير الأنشطة. هدف التعليم هوالشيئ الّذي سيصال التلاميذ بعد انتهاء عملية
التعليم.[3]
وأما أهداف تعليم اللغة العربية في المدرسة المتوسطة وهي كما يلي:
1.
تطوير أربعة
مهارات وهم مهارة الإستماع ومهارة الكلام ومهارة القراءة ومهارة الكتابة.
2.
تنمية الوعاية
عن أهمية اللغة العربية كإحدي اللغات الأجنبية لتعلم علم دين الإسلام.
3.
تطوير المفهوم
بين اللغة والثقافة.[4]
وأهداف
الخاصة لتعليم اللغة العربية للفصل السابع الّذي يستخدم المنهج الدراسي 2013 هي من
الكفائة الأساسية وعلامة الوصول للمهارات.[5]
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
menghargai dan menghayati ajaran agama islam.
|
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai
bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat
belajar.
|
2.
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
2.1Menunjukkan
perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial
sekitar rumah dan sekolah.
2.2Menghargai
dan menunjukkan perilaku motivasi internal untuk pengembangan kemampuan
berbahasa.
|
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
3.1 Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan yang berkaitan dengan التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسةsesuai dengan konteks penggunaannya.
3.2 Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan tentang fungsi المرافق والأدوات المدرسيةsesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3 Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan tentang fungsi الألوان sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.4 Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan dari teks deskriptif tentang التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة
3.5 Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan dari teks deskriptif tentang
المرافق والادوات المدرسية
3.6 Memahami
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif
tentang الألوان
|
4. Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di madrasah dan sumber lain yang
sama dalam sudut pandang/teori.
|
4.1 Menyusun teks lisan sederhana
untuk mengucapkan dan merespon tentang التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسةdengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks
4.2 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk
menyatakan, menanyakan dan merespon mengucapkan dan merespon tentang المرافق والادوات في المدرسةdengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks
4.3 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk
menyatakan, menanyakan dan merespon mengucapkan dan merespon tentangالألوان dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
4.4 Menangkap makna lisan dan tulis sangat pendek
dan sederhana tentang التعريف
بالنفس وبالعاملين في المدرسة
4.5 Menangkap makna lisan dan tulis sangat pendek
dan sederhana tentang المرافق
والأدوات في المدرسة
4.6 Menangkap
makna lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana tentang الألوان
|
وأهداف
الخاصة لتعليم اللغة العربية للفصل الثامن الّذي يستخدم المنهج الدراسي KTSP هي من الكفائة الأساسية وعلامة الوصول للمهارات.[6]
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
MENYIMAK/ISTIMA'
5. ( Memahami
wacana lisan melalui kegiatan
mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang الســاعة)
|
5.1 Mengidentifikasi
bunyi huruf hija-iyah dan ujaran (kata, frasa, atau kalimat) dalam
suatu konteks wacana lisan tentang “as-sa’ah” dengan cara mencocokkan dan membedakan secara tepat.
|
5.2
Menemu-kan infor-masi umum dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana
lisan sederhana tentang Al-Sa’ah yang meliputi bilangan bertingkat.
|
|
5.3
Memberikan tanggapan/ respons pada ide/gagasan
yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang As-Saa’ah yang
meliputi bilangan bertingkat.
|
|
BERBICARA/KALAM
6. (Mengungkapkan
pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman
serta informasi melalui kegiatan bercerita serta bertanya jawab tentang الســاعة
|
6.1 Menyampai-kan
informasi secara lisan dengan lafal dan kalimat yang tepat me-lalui kegiatan bercerita
tentang As-Saa’ah dengan
meng-guna-kan media gambar/ alat peraga
dan menerap-kan kalimat meliputi: kata bilangan bertingkat.
|
6.2
Melakukan tanya jawab dengan lancar dan tepat tentang As-Saa’ah dengan
mengguna-kan alat peraga dan struktur kalimat yang meliputi kata bilangan
bertingkat.
|
|
BERBICARA/KALAM
7.
(mengungkapkan
pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman serta informasi melalui kegiatan
bercerita dan bertanya jawab tentang أنشطتي في المدرسة
|
3.1 menyampaikan informasi
lisan tentang أنشطتي في المدرسة dengan lafal yang tepat dan
benar dengan menggunakan kalimat berstruktur : mubtada’ + khabar + maf’ul bih
+ (jumlah ismiyah)
|
3.2 melakukan dialog sederhana tentang أنشطتي في المدرسة dengan tepat dengan
menggunakan kalimat berstruktur : mubtada’ + khabar + maf’ul bih + (jumlah
ismiyah).
|
|
3.3 menjelaskan tentang أنشطتي في المدرسة melalui kegiatan bercerita dengan benar dengan menerapkan
kalimat berstruktur mubtada’ + khabar + maf’ul bih + (jumlah ismiyah).
|
|
MEMBACA/QIRO’AH
8.
(memahami
berbagai ragam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik
fiksi atau non fiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan
pokok pikiran أنشطتي في المدرسة
|
4.1 membaca nyaring,
melafalkan huruf hijaiyyah, kata, frasa, kalimat dengan ucapan, tekanan, dan
intonasi yang berterima tentang أنشطتي في
المدرسة dengan
menggunakan kalimat berstruktur jumlah fi’liyah.
|
4.2 mengidentifikasi
kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis tentang kegiatan di sekolah
dengan menggunakan kalimat berstruktur jumlah fi’liyah.
|
|
4.3 menemukan informasi
umum atau rinci dari wacana tulis sederhana tentang أنشطتي في المدرسة dengan menerapkan kalimat
berstruktur : Jumlah Fi’liyah.
|
|
KITABAH/MENULIS
9.
(Mengungkapkan pikiran, gagasan,
perasaan, pengalaman dan
informasi baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan meringkas dan
menulis tentang البيت فى أنشطتى
|
5.1 Menulis para-graf sederha-na tentang البيت فى
أنشطتى dengan menggunakan struktur
kalimat terdiri: mubtada+khobar+maf’ul bih (jumlah ismiyyah)
|
5.2 Menulis kegiatan siswa di madrasah
dengan menggunakan struktur kalimat terdiri: mubtada+khobar+maf’ul bih
(jumlah ismiyyah)
|
|
BERBICARA/ KALAM
10. (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan,
pengalaman serta informasi melalui
kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang البيت فى أنشطتى
|
6.1 Menyam-paikan informasi secara lisan
dengan lafal dan kalimat yang
tepat tentang البيت
فى
أنشطتى
dengan menggunakan media gambar/alat peraga
dan menerapkan struktur kalimat
meliputi: jumlah fi’liyyah
|
6.2 Berbicara tentang البيت
فى
أنشطتى
dengan tepat dan benar menggunakan kalimat berstruktur jumlah fi’liyyah
|
|
6.3 Bercerita dengan menggunakan media
gambar aktivitas di rumah dengan tepat dan benar menggunakan kalimat berstruktur jumlah
fi’liyyah
|
|
11. MEMBACA/QIRA'AH Memahami
berbagai ragam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana,
baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran
tentang البيت فى أنشطتى
|
7.1 Membaca nyaring, melafalkan huruf
hijaiyyah, kata, frase, kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang
berterima tentang البيت فى أنشطتى
dengan menggunakan kalimat berstruktur: jumlah fi’liyyah
|
7.2 Mengidentifikasi kata, frasa, atau
kalimat dalam wacana tertulis tentang kegiatan di
rumah dengan menggunakan kalimat berstruktur jumlah fi’liyyah
|
|
7.3 Menemukan informasi umum dan atau rinci
dari wacana tulis sederhana tentang البيت
فى
أنشطتى
dengan menerapkan kalimat berstruktur: jumlah fi’liyyah
|
|
8. KITABAH/MENULIS
Mengungkapkan
pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman
dan informasi baik fiksi dan atau non fiksi melalui
kegiatan meringkas dan menulis tentang
البيت فى أنشطتى
|
8.1 Menulis jadwal kegiatan harian di rumah
dengan menggunakan struktur kalimat terdiri: jumlah fi’liyyah
|
8.2 Menulis paragraf sederhana tentang
kegiatan sehari-hari di rumah dengan menggunakan kalimat berstruktur
jumlah fi’liyyah
|
ب. المطلب
الثاني: محتوي تعليم اللغة العربية
الكتاب
المستخدم لتعليم اللغة العربية في هذه المدرسة هو "العصري", نشر مجلس
التربية "محمدية" لولاية جاوي الشرقية. وأما محتوي تعليم اللغة العربية
للفصل السابع والثامن والتاسع.
الرقم
|
الفصل
|
محتوي تعليم
اللغة العربية
|
1.
|
السابع
|
المستوي
الأولي : التعريف بالنفس وبالغاملين في المدرسة, المرافق والأدوات المدرسية,
الألوان.(مبتدأ( ضمائر مفرد؛إشارة مفردة( + الخبر )الفصلة والجهات( ؛ الضمائر المفردة المتصلة)
|
المستوي
الثانية : العنوان, بيتي, من يوميات الاسرة.( : الأرقا 1 – 100 ؛ خبر مقد )الجهات ، عند ، اللا( + مبتدأ مؤخر – النعت.
المفرد ؛ المبتدأ )المفرد/نحن( + خبر )فعل مضارع (
|
||
2.
|
الثامن
|
المستوي الأولي : الساعة, انشطتي في
المدرسة, انشطتي في بيتي.(الجملة الإسمية : مبتدأ+خبر+مفعول به)
|
المستوي الثانية : الهواية, المهنة
(فعل المضارع وأن, لن, ل)
|
||
3.
|
التاسع
|
المستوي الأولي : مناسبات
الدينية(فعل الماضي, لم نافي, لا الناهية, والمضاف ومضاف إليه)
|
المستوي الثانية : رحلة ترويحية (فعل
مجرد ومزيد, اسم موصول, اسم التفضيل, فعل تعاجوبية).
|
ت. المطلبب
الثالث : طرائق تعليم اللغة العربية
طريقة
التدريس هي مستوي تخطيط البرنامج كاملة ومواصلة قوية بخطوات تقديم محتوي التعليم وكانت
خطواته إجرائية وما كانت تعارضا وتعريضا بالمداخل التعليمية.[7] الطرائق
المستخدمة لتعليم اللغة العربية في هذه المدرسة هي طريقة المباشرة, طريقة الترجمة
والقواعد, طريقة السمعية الشفوية, السؤال والجواب والتقديم والمناقشة.
وأما
نموذج التخدير للفصل السابع الّذي يستخدم المنهج الدراسي هو:
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP Muhammadiyah 17 Surabaya
Kelas/
Semester : VII /I (Satu)
Tema : وبالعاملين فى المدرسة التعريف
بالنفس
Keterampilan/Maharoh :
Qiro’ah/Membaca
Waktu : 2 X 40 JP
A. Kompetensi
Inti
1.
menghargai dan menghayati ajaran agama islam.
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di madrasah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi
Dasar
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa
pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1
Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan
lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2
Menghargai
dan menunjukkan perilaku motivasi internal untuk pengembangan kemampuan
berbahasa.
3.1 Memahami
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang berkaitan dengan وبالعاملين فى المدرسة التعريف
بالنفسsesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.4
Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif
tentang التعريف بالنفس وبالعاملين فى المدرسة
4.1
Menyusun
teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon tentang وبالعاملين فى المدرسة التعريف
بالنفسdengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
4.4 Menangkap makna lisan dan tulis
sangat pendek dan sederhana tentang التعريف
بالنفس وبالعاملين فى المدرسة
C.
Indikator
1.1.1
mengikuti doa bersama di awal dan akhir pembelajaran
dengan sungguh-sungguh.
1.1.2
mengikuti pembelajaran dari awal sampai akhir dengan semangat.
2.1.2
meyampaikan
isi bacaan kepada guru dan siswa dengan jujur.
2.1.2
menyampaikan pendapat kepada siswa ketika mengerjakan tugas bersama dengan
jujur dan tanggung jawab.
2.2.1 mengerjakan tugas dengan semangat dan percaya diri.
2.2.2
mengerjakan tugas individu atau kolektif
dengan partisipatif.
3.1.1
membaca teks yang disediakan guru yang berjudul التعارف
tentang التعريف بالنفس وبالعاملين فى المدرسة dengan suara yang nyaring.
3.1.2
menemukan kosa-kata yang sulit dalam teks yang berjudul التعارف
tentang التعريف بالنفس وبالعاملين فى المدرسة
3.4.1
menyebutkan kosa-kata dan arti yang sulit dari teks yang disediakan dengan
judul التعارف
tentang التعريف بالنفس وبالعاملين فى المدرسة.
3.4.2
menganalisis arti teks dan qowaid yang terdiri dari مبتدأ dan خبرyang berjudul التعارف
tentang التعريف بالنفس وبالعاملين فى المدرسة
4.1.1menjelaskan
isi teks yang berjudul التعارف
tentang التعريف بالنفس وبالعاملين فى المدرسة
4.1.2
memahami isi teks dengan mengerjakan soal latihan salah dan benar sesuai dengan
pernyataan tentang التعريف بالنفس وبالعاملين فى المدرسة
4.4.1
membuktikan pemahaman isi teks dengan mengartikan kalimat yang disdiakan guru
tentang التعريف بالنفس وبالعاملين فى المدرسة
4.4.2
menyampaikan hasil kerja kepada teman-teman di depan kelas tentang التعريف بالنفس وبالعاملين فى المدرسة
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa mampu membaca teks
yang disediakan guru yang berjudul التعارف tentang التعريف
بالنفس وبالعاملين فى المدرسة dengan suara yang nyaring
dengan semangat.
2.
Siswa mampu menemukan kosa-kata yang sulit dalam
teks yang berjudul التعارف tentang التعريف بالنفس وبالعاملين فى المدرسة dengan percaya diri.
3.
Siswa mampu menyebutkan kosa-kata dan arti yang
sulit dari teks yang disediakan dengan judul التعارف tentang التعريف
بالنفس وبالعاملين فى المدرسة dengan semangat.
4.
Siswa mampu menganalisis arti teks dan qowaid yang
terdiri dari مبتدأ dan خبرyang berjudul التعارف tentang التعريف بالنفس
وبالعاملين فى المدرسة
5. Siswa mampu menjelaskan isi teks yang berjudul التعارف tentang التعريف بالنفس وبالعاملين فى المدرسة dengan percaya diri.
6.
Siswa mampu memahami isi teks
dengan mengerjakan soal latihan salah dan benar sesuai dengan pernyataan
tentang التعريف بالنفس وبالعاملين فى المدرسة.
7. Siswa mampu membuktikan pemahaman isi teks dengan mengartikan
kalimat yang disdiakan guru tentang التعريف بالنفس
وبالعاملين فى المدرسة dengan
jujur.
8. Siswa mampu menyampaikan hasil kerja kepada teman-teman di depan
kelas tentang التعريف بالنفس وبالعاملين فى المدرسة dengan partisipatif dan semangat.
E.
Materi Ajar
التعارف
انا
طالب اسمي ابراهيم. جئت من مالانج و الان اسكن في سورابايا شارع احمد ياني. ادرس
في المدرسة المتوسطة الحكومية سونن امبيل و لكن بيتي بعيد من المدرسة, اذهب الي
المدرسة بدراجة. عندي اخت صغير اسمها عائشة هي تتعلم في المدرسة الابتدائية في
الفصل الثالث. كل يوم نذهب الي المدرسة معا. عندي اب اسمه احمد, هو طبيب في
المستشفي النور اما امي تعمل في البيت هي ربة البيت
Adik pr اخت صغير
|
Tinggal اسكن
|
Dokter طبيب
|
Belajar
تتعلم
|
Ibu rumah tangga ربة البيت
|
Rumah
sakit المستشفي
|
حرف
(ص) اذا كانت العبارة صحيحا و حرف (خ) اذا كانت خطاءضع
1. انا طالب اسمي
احمد (...........)
2.
الان اسكن في سورابايا
شارع احمد ياني (...........)
3.
بيتي قريب من المدرسة (..........)
4.
عندي اخت صغير اسمها فاطمة
(...........)
5. ابي طبيب في المستشفي (...........)
Analisis isi teks dan qowaid yang terdiri dari مبتدأ dan خبر dari teks yang disediakan.
التعارف
انا طالب
اسمي ابراهيم. جئت من مالانج و الان اسكن في سورابايا شارع احمد ياني. ادرس في المدرسة المتوسطة الحكومية سونن امبيل و لكن
بيتي بعيد من المدرسة, اذهب الي المدرسة بدراجة. عندي اخت صغير اسمها عائشة هي تتعلم في المدرسة الابتدائية في الفصل
الثالث. كل يوم نذهب الي المدرسة معا. عندي اب اسمه احمد, هو طبيب في المستشفي النور اما امي تعمل في
البيت هي ربة البيت
المبتدأ
|
الخبر
|
Isinya adalah ibrahim
adalah seorang pelajar yang berasal dari malang dan dia sekarang tinggal di
surabaya jalan ahmad yani. Saya belajar di SMP Negeri Sunan Ampel tetapi
rumahku jauh dari sekolah. Saya pergi ke sekolah naik sepedah. Saya mempunyai
adik perempuan, dia belajar di madrasah ibtidaiyah di kelas tiga. Setiap hari
saya pergi ke sekolah bersama. Saya
punya ayah, namanya ahmad, dia adalah seorang dokter sedangkan ibuku bekerja di rumah karena
beliau adalah ibu rumah tangga.
ترجم إلي
الّلغة الإندونسيّة
1. من هذا؟ هذا موظّف, هوا صديقي
2. أنا طالب, إسمي حسن. وهذا سليمان, هوتلميذ أيضا
3. من هذه؟ هذه
مدرّسة, هي صديقي
4. حسنة صديقتي وإلياس صديقي
5. أنا طالبة. اسمي هنذ. وهذه مريم هي مدرّسة.
Artinya :
1. Siapa ini? Ini karyawan,
dia temanku.
2. Saya murid, namaku hasan
dan ini sulaiman, dia juga murid.
3. Siapa ini? Ini giri, dia
temanku.
4. Saya murid, namaku
hindun dan ini maryam, dia guru.
F. Alokasi Waktu
2 X 40 menit
G. Pendekatan/Strategi/Metode
Pendekatan :Saintifik (Scientific).
Strategi
: Active Learning
Metode : ceramah, diskusi, presentasi,
metode Qowaid dan Tarjamah.
H. Kegiatan
Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Guru mengucapkan salam
dan memimpin membaca doa sebelum belajar.
·
Guru memeriksa kehadiran
peserta didik.
·
Guru mengaitkan materi
pembelajaran dengan kegiatan sehari-hari terkait dengan materi pokok.
·
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran dan langkah-langkah pembelajaran seara singkat.
|
5 menit
|
Inti
|
·
Guru membagikan potongan
kertas yang berisi teks tentang التعارف (Mengamati)
·
Guru meminta siswa untuk
membaca teks tentang التعارف dengan nyaring
·
Guru membimbing siswa
untuk menemukan kosakata yang sulit dalam teks.
·
Guru menanya siswa
tentang kosakata yang sulit, untuk dijawab bersama-sama. (Menanya)
|
25 menit
|
·
Guru bersama siswa
menganalisis isi teks beserta qowaid tentang mubtada’ dan khobar sesuai
dengan teks (Mengeksplorasi I).
·
Siswa menjelaskan hasil
analisis di depan kelas dengan suara yang lantang.
·
Siswa membuktikan hasil
pemahaman teks dengan mengerjakan soal pernyatan, kemudian siswa memberi
keterangan salah atau benar.
·
Guru membagi siswa
menjadi 8 kelompok.
·
Siswa membuktikan ulang
pemahaman dengan mengartikan kalimat yang disediakan guru. (Mengeksplorasi
II)
|
30 menit
|
|
·
Guru mengaitkan materi
dengan keadaan sehari-hari. (Mengasosiasi)
·
Siswa menyampaikan hasil
kerja kepada teman-teman di kelas. (Mengkomunkasikan)
|
10 menit
|
|
Penutup
|
·
guru dan peserta didik
merefleksikan proses pembelajaran.
·
Mengadakan evaluasi.
·
Menyampaikan rencana pada
pembelajaran berikutnya.
·
Guru memimpin membaca doa
sebelum pulang sekolah dan salam.
|
10 menit
|
H. Penilaian.
Penilaian:
Observasi (Pengamatan)
NO
|
NAMA
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
Aspek yang diamati:
1. Semangat
a. Sangat
semangat :
20
b. Kurang
semangat : 10
c. Belum
semangat : 5
2. Jujur
a. Sangat
jujur : 20
b. Kurang
jujur : 10
c. Belum
jujur : 5
3.
Partisipatif
a. Sangat
partisipatif : 20
b. Kurang
partisipatif : 10
c. Belum
partisipatif : 5
4.
Percaya Diri
a.
Sangat percaya diri : 20
b. Kurang
percaya diri : 10
c. Belum
percaya diri : 5
5.
Tanggung jawab
a.
Sangat Tanggung jawab : 20
b. Kurang
Tanggung jawab : 10
c. Belum
Tanggung jawab : 5
1. Penilaian produk
No
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah
|
|
1
|
2
|
|||
Keterangan :
1. Kreatifitas
a. Sangat : 50
b. Kurang : 25
c. Belum : 10
2. Kerapian
a. Sangat : 50
b. Kurang : 25
c. Belum : 10
1.
Penilaian tes
No
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah
|
|
1
|
2
|
|||
Keterangan :
1. Tugas individu : ada 5
soal, benar 1 : 20 point
2. Tugas kelompok : ada 5
soal, benar 1 : 20 point
Total Skor
Akhir = SS + SU + SP/3
Keterangan :
SS : Skor
Sikap
SU : Skor
Unjuk Kerja
SP : Skor
Produk
Skala
Nilai Rata-Rata
Nilai
|
Skala
|
Keterangan
|
80-100
|
Baik Sekali
|
ممتاز
|
70-79
|
Baik
|
جيد جدّا
|
60-69
|
Cukup
|
جيّد
|
Kurang dari 60
|
Kurang
|
مقبول
|
I. Sumber Dan Media Pembelajaran
1.
sumber : kumpulan materi bahasa arab dan LKS Bahasa Arab
Kelas VII
2. media pembelajaran : spidol, penghapus, papan tulis,
lembar kerja siswa.
ث. المطلب
الرابع : وسائل تعليم اللغة العربية
الوسائل
التعليمية هي الأشياء الّتي تساعد الطلبة لفهم المادة أو شرح الأستاذ.[8] ودور
الوسائل مهم جدا للأستاذ واطلبة. وأما الوسائل الّتي اسستخدمتها الأستاذة هي
الكمبيوتير, المسلاط, السبورة, المقلمة, الطلاسة, الأشياء المحتاجة لتعريف المفردات.
ج. المطلب
الخامس : تقويم تعليم اللغة العربية.
التقويم
هو عملية لمأخوذ الشيئ باستخدام المعلومات المنيلة بقياس نتيجة التعلم بألة القياس
أو بدونها.[9] والتقويم محتاج جدا لطلبة
نفسها والأساتذ وولي الطلبة وموظف المدرسة لمعرفة حال عملية التعليم الماضي
وترقيتها. وتقويم الّذي استخدمها الأستاذة للفصل السابع. الفصل الّذي يستخدم
المنهج الدراسي 2013 هو كما يلي:
1. التقويم
الأول : تقويم السلوك
2. التقويم
الثاني :تقويم الوظيفة والإمتحان اليومي
3. التقويم
الثالث :الممارسة, المحافظ, المشروع,
المنتاجات.
كل
التقويم السابق هو لعملية التعليم, والتقويم الأخر هو تقويم أوسط المستوي, تقويم
أخر المستوي, تقويم أخر المستوي لصعود الفصل.
وأما
وتقويم الّذي استخدمها الأستاذة للفصل الثامن. الفصل الّذي يستخدم المنهج الدراسي KTSP هو كما يلي:
1. التقويم
الوجداني
2. التقويم
المعرفي
3. تقويم
الحركية النفسية.
كل
التقويم السابق هو لعملية التعليم, والتقويم الأخر هو الإمتحان أوسط المستوي, امتحان
أخر المستوي, امتحان أخر المستوي لصعود الفصل.
دراسة تحليلية عن منهج الدراسي
لتعليم اللغة العربية.
أ.
المطلب الأوّل
: أهداف تعليم اللغة العربية
لقد
كان معروفا أنّ احدي أهداف تعليم اللغة العربية هي لتطوير أربعة مهارات اللغوية,
ولكن صناعية البيعة اللغوية في المدرسة صعوبة جدّا. الصعوبة مسببة من حيث الطلبة,
أن الطلبة متخرجون من الدرسة الإبتدائيّة الحكومية أكثر من المدرسة الإبتدائية
الإسلامية. أكثر من الطلاب لم يتعلّموا اللغة العربية في المدرسة السابقة.
كل
الحصة لتعليم اللغة العربية هي 40 دقيقة, وإن كانت الحصة جرية علي الحصّتين
فامجموع الدقيقة هو 80 دقيقة. أنّ الوقت هذا ناقص جدّا لتعريف اللغة العربية
للطلبة. أحيانا, كان الوقت ضيقا جدّا بسبب أنشطة المدرسة المرتجلة, فماكان التعليم
جريا حسنا ومناسبا بالهدف.
ب.
المطلب الثاني
: محتوي تعليم اللغة العربية
أنّ
في محتوي مدرسة المتوسطة محتواها مناسبة بالأنشطة اليومية في البيت والمدرسة.
المثال : للفصل السابع محتواه هو المرافق وبالعاملين في البيت والمدرسة والألوان.
وأماّ للفصل الثامن محتواه هو الساعة, انشطتي في المدرسة, انشطتي في بيتي.(الجملة
الإسمية : مبتدأ+خبر+مفعول به), المستوي الثانية : الهواية, المهنة (فعل المضارع
وأن, لن, ل). وأما للفصل التاسع محتواه هو مناسبات الدينية ورحلة ترويحية (فعل
الماضي, لم نافي, لا الناهية, والمضاف ومضاف إليه).
ت.
المطلب الثالث
: طرائق تعليم اللغة العربية
أنّ
طريقة تعليم اللغة الغربيّة هي طريقة القواعد والترجمة وطريقة السمع والبصري
وطريقة الإنتقائيّة, وأربع مهارات فيها وهم : مهارة الإستماع ومهارة الكلام ومهارة
القراءة ومهارة الكتابة. كنّ كل الطراقات متطورات متنوّعة من الطريقة الأساسية
الّتي قد بينت في أوّل الفقرة. فلذالك الأساتذ والأستاذات في تعليم اللغة العربية يستخدمون أنواء الطريقة في تعليمها. الزمان
المتقدّم يعلّمنا أن نعلّم طلبتنا بالطرائق المتنوّعة والمناسبة بتقدّم
التكنولوجي.
ث.
المطلب الرابع
: وسائل تعليم اللغة العربية
أنّ
وسائل التعليمية هي إحدي الوسائل لوصول الغرض في التدريس. الوسائل التعليمية في
تعليم اللغة العربية كثيرة جدّا. المثال : السبّورة, والمقلمة والحاسوب والساسة والكتب
المتعلّق بالتدريس: كتاب "العصري", أمثلة التصريفيّة, النحو الواضح,
القاموس.
لقد
كان معروفا أيضا أنّ الكتاب المستخدم لتعليم اللغة العربية ه "العصري"
نشر من مجلس التربية محمديّة لولاية جاوي الشرقية. وجد فيه عيوب كثيرة من غير مادة
المناسبة بأربع مهارات والتدريبات. والكتابان للصف الثامن والتاسع لايناسبان
بالمحتوي من المنهج الدراسي KTSP , فلذالك أكثر زيادة المادات المناسبة بأهداف تعليم
اللغة العربية من المنهج الدراسي. وإنّ استخدام هذا الكتاب واجب علي كل مدارس
محمدية المتوسطة الإسلامية لولايات في جاوي الشرقية, وأحيانا كان المدرسون من
مشاورة مدرسين مادة اللغة العربية بسورابايا اعتمادا علي هذا الكتاب لصناعة
الأسئلة لامتحان أخر المستوي.
ج.
المطلب الخامس
: تقويم تعليم اللغة العربية.
احسن
التقويم هو التقويم في المنهج الدراسي 2013. وهو تقويم Autentik . كل
التقويم يحتاج إلي ثلاثة أنواع وهم تقويم السلوك وتقويم الوظيفة والإمتحان اليومي الممارسة,
المحافظ, المشروع, المنتاجات.كل التقويم السابق هو لعملية التعليم, والتقويم الأخر
هو تقويم أوسط المستوي, تقويم أخر المستوي, تقويم أخر المستوي لصعود الفصل.
الخاتمة
أهداف
تعليم اللغة العربية في المدرسة هي تطوير أربعة مهارات وهم مهارة الإستماع ومهارة
الكلام ومهارة القراءة ومهارة الكتابةو تنمية الوعاية عن أهمية اللغة العربية
كإحدي اللغات الأجنبية لتعلم علم دين الإسلامو تطوير المفهوم بين اللغة والثقافة.
علمية, كان عملية التعليم في الدرسة ناقصة كثيرة من حيث تطبيقها, الطلابة
,الوسائل, وكفائة الأساتذ. والتعليم يحتاج إلي خمسة أنواع للتحليل وهو أهداف
ومحتوي وطرائق ووسائل وتقويم تعليم اللغة العربية.
قائمة
المراجع
توثيق صورة جانبية لمدرسة محمدية سبع
عشر المتوسطة الإسلامية بسورابايا.
تنفيذ وزارة الشعون الديني عن المنهج
الدراسي 2013 لتعليم اللغة العربية.
[1]
تنفيذ
وزارة الشعون الديني عن المنهج الدراسي KTSP لتعليم اللغة العربية
Hermawan,
Acep. 2013 Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung : Rosda Karya
Khalilullah, Muhammad. Media
Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta, Aswaja Presindo
Matsna, Muhammad dan Erta Wahyudin,2013. Pengembangan Evaluasi Dan Tes Bahasa Arab (Tanggerang
Selatan: Al-Kitabah
Wiyani,
Novan Ardy. 2013 Desain Pembelajaran
Pendidikan. Yogyakarta: Arruz Media
https://ar.wikipedia.org/wiki
http://www.abdimadrasah.com/2014/04/tujuan-dan-ruang-lingkup-mata-pelajaran
bahasa-arab.html diakses
pada tanggal 7 Mei 2017
[3] يترجم
من : Novan
Ardy Wiyani, Desain Pembelajaran Pendidikan(Yogyakarta: Arruz Media,
2013), h.90-91
[4] يترجم
من
: http://www.abdimadrasah.com/2014/04/tujuan-dan-ruang-lingkup-mata-pelajaran bahasa-arab.html diakses
pada tanggal 7 Mei 2017
[7]
يترجم من : Acep Hermawan, Metodologi
Pembelajaran Bahasa Arab (Bandung : Rosda Karya, 2013), h.168
[9]
يترجم من : M. Matsna dan Erta Wahyudin, Pengembangan
Evaluasi Dan Tes Bahasa Arab (Tanggerang Selatan: Al-Kitabah, 2012), h.3
Posting Komentar untuk "تحليل منهج تعليم اللغة العربية بمدرسة محمدية سبع عشرة المتوسطة الإسلامية بسورابايا."