Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SECUIL PERASAAN AWAL TAHUN 2014




            Hari ke-1 , ( Jum’at , 03 Januari 2014 )
Saya bingung harus menulis apa , tapi sedikit yang saya rasakan , dan saya tuangkan disini sejak awal dari mulai brangkat DAD , hari pertama dimana Darul Arqom Dasar itu dimulai, hari jumat , 03 Januari 2014 , setelah semua perlengkapan selesai dipersiapan ,   berangkat menuju kampus sekitar pukul 2, ternyata diluar dugaan dalam perjalanaan hujan deras,  waktu itu saya bersama beberapa teman kader , berteduh di depan kampus menunggu hujan reda , sambil menunggu kendaraan yang digunakan untuk menuju ke tempat tujuan Darul Arqom Dasar dilaksanakan .

Semakin lama , dirasakan semakin deras hujannya , kemudian kami semua memutuskan untuk berteduh di Masjid kampus tercinta , bersama beberapa mbk dan mas panitia DAD , sambil menunggu hujan reda sembari menunggu transportasi , dan beberapa teman kader yang belum juga datang , saya dan beberapa kader yang sudah hadir dan berteduh di Masjid , mengambil air wudhu kemudian sholat asyar.
Semakin sore semakin dingin , sambil ngobrol – ngobrol bersama teman – teman kader saling syering dan perkenalan , tentang pribadi masing – masing , karena dari beberapa kader ini tidak semua di jurusan yang sama, meskipun sedikit kader tarbiyah tapi perlahan – lahan rasa persaudaraan mulai terasa, mulai nyaman serasa di rumah sendiri , karena setidaknya banyak pandangan – pandangan yang sama , dan kegiatan – kegiatan yang sama karena merasa punya ideologi yang sama , jadi tidak sungkan – sungkan untuk cerita pengalaman – pengalaman tentang ruang lingkup sekolahan Muhammadiyah . Sampai beberapa menit kami ngobrol akhirnya dapat komando dari kakak Panitia, kendaran dan beberapa teman kader yang lain sudah datang , akhirnya cusssssssss meluncur ke tempat acara DAD , awalnya sempat bingung , dari beberapa Kakak panitia tidak tau tempat tujuannya dimana, tapi yaaa akhirnya sampai juga,,, emmm …. ba’da magrib baru sampai di tempat DAD yaitu di SMP Muhammadiyah 05 Waru , Sidoarjo .
Baru turun dari angkot, melihat sekeliling SMP , kaget juga ….. tempatnya kok horror gini ya ?? saya sama teman – teman yang lain pada bilang juga hal yang sama, horror maksudnya gelap banget dan kelihatan agak kotor , emmm saya memaklumi karena dari kecil sudah sekolah di Muhammadiyah , jadi sedikit tau tentang keadaan sekolah Muhammadiyah secara fisik, kurang lebih hamper sama, setelah menuju ke tempat peristirahatan bersama teman – teman, bersiap melaksanakan sholat magrib , berja   maah , lagi – lagi kami menemukan tempat yang horror lagi .. heheheh…. bahkan musholanya itu , baru masuk itu ternyata tidak ada lampunya … bingung saya , ini kok gelap apa gak pernah digunakan yaaa ??? … bertanya  - Tanya sendiri sih ,, tapi oke enjoy aja kok sama teman – teman, sambil menunggu sholat isyak sekalian .
Nahhh ini , sudah waktunya pembukaan DAD ,setelah beberapa serangkaian acara pembukaan, dan beberapa sambutan – sambutan selesai, langsung lanjut ke pemberian materi  saya kira habis ini tidur , hehe ternyata masih ada materi , dan karena saya dan rekan – rekan tidak tau jadwal kegiatannya, serasa penuh dengan kejutan . Hari pertama disuguhi materi filsafat sampek malem banget , yang dipandu oleh kak Galih Pribadi sebelum materi berlangsung ada  screening , kita semua para kader diuji sejauhmana kemampuan atau pengetahuan kita dari semua materi yang akan disuguhkan oleh kakak panitia, kemudian menyampaikan keluh kesah , menyampaikan kesan pertama pada MOT atas pelaksanaan DAD ini, setelah itu baru materi filsafat rasa kantuk sudah tidak tertahanlagi , tapi tidak boleh tidur, kok tidur ,merem sitik ae gak boleh.. heheh ..:)
Hari ke-2 ( Sabtu , 04 Januari 2014 )
Naah hari ini sudah menginjak hari ke 2 nih, pagi ini saya dan kader lainnya beserta para panitia sholat subuh ,ada kajian setelah solat subuh tafsir Al –Qur’an Surat Ali Imran ayat 110  , terus senam bareng niii…. ada game juga,, seru seru banget, walaupun pada belum mandi semua , sampek saya kena hukuman juga wes…. dapat sandal gapyak yang Cuma satu , sebelahnya gak ada … suruh cerita … diibaratkan itu adahalah barang paling disayang … hehe isoook ae kakak panitia ini ….  J
Setelah mandi dan lain sebagainya, ada materi lagi, terus dikasih materi lagi, kalau pas pematerinya enak ya seneng dengerin dan ikutinnya,,, tapi kalo pas pematerinya itu kurang bisa membawa suasana yaa… jadi sedikit ngantuk………..  ^_^
Belum sempet sarapan pagi , gara – gara lama nunggu makannya sampek pematerinya sudah datang sekarang materinya keislaman, beliau dosen tarbiyah juga ternyata Pak Syamsuddin , saya dan teman – teman keadaan belum mandi juga gak jenak banget .. heheh  tapi pematerinya enak banget , sayang Cuma kurang sumeh saja …. hehe
setelah materi dan beberapa sesi pertanyaan yang dirasa cukup semilir suasanya soalnya didalem ruangan banyak kipasnya , tambah ngantuk saja… tapi ini lo yang buat enak selalu pas kajian ada wedang jahenya …. hehe perhatian banget sih ya para panitia ini ..
Lanjut sekitar pagi agak siangan datang deh sarapannya ini makan pagi dijamak sama makan siang heheh …. tak apalah, dan tradisinya waktu makan bareng di DAD ini selalu makanan dibuat berjejeran dan makannya juga gitu seperti antrian BLT, tapi jujur dengan seperti ini justru terasa banget rasa kekeluargaannya , keakrapannya, gotong royong habisin makanan yang berjejeran ini .
wes wes setelah makan bareng , langsung capcus kematerinya berikutnya yaitu ke –IMMan yang di isi oleh Kak Mamluatul Faizah, pematerinya enak banget ,, tapi aku sedikit gak mudeng , soalnya yang dijelasin buaanyak .. heheh …….. kagum sama pemateri ini puinter banget. Seharusnya inti – intinya saja yang disampaikan karena para keder kan masih pemula, jadi diberi materi yang sekiranya mudah diingat dulu sedikit demi sedikit .
Lanjut ke materi berikutnya yaitu Kemuhammadiyahan  yang di isi oleh kak Ali Fauzi, naa ini pematerinya menegangkan terlihat menguasai materi sih , tapi dites satu – satu sejauh mana kita para kader tau tentang apa itu Muhammadiyah, sepertinya sedikkit bicara banyak kerja hehe pematerinya ,cuma sedikit penjelasanya karena yang lebih dominan membuat keaktifan para kader .
Sampai waktu sore tiba kemudian ISOMA , masuk dalam forum sebelum lanjut ke materi selanjutnya, dikasih game dulu sama kakak MOT ni, disuruh sebutkan binatang kesukaannya beserta alasannya , ada – ada saja , setelah itu disuruh maju dan adu argument terkait binatang yang sudah masing – masing kader sebutkan tadi , waktu itu saya memilih cicak kenapa karena tidak ada yang lain , bingung . hehe jadi ya itu saja. Disuruh adu argument sama Nyamuk , yang pilih nyamuk Ifa . . ya semampuku deh bilang apa adanya hehe..
Ada lagi ini sama kak MOT yaitu kak Dimas, disuruh buat menilai karakter dari masing – masing kader , dikertas lalu ditempelkan dipunggungnya masing – masing , lucu – lucu penilaiannya tapi seru banget , dan setiap kali masuk forum atau ada materi sudah seperti atribut saja yang harus dipakai .
lanjut acara selanjutnya pemberian materi ke-organisasian , naa ini sepertinya menarik materinya , tapi sayangnya pematerinya kurang enak , maksudnya suaranya kurang keras.. dan agak membingungkan saya sama teman – teman , dan kurang bisa membawa suasana saja tapi materinya bagus sebenernya. Saat sesi Tanya jawab ini lo, kok pada gak ada yang Tanya semua, soalnya bingung mau Tanya apa .
Seteleh materi ini, dan sholat isyak. . lanjut acar selanjutnya nii …. apa Teknik sidang wah ini saat yang menegangkan ,  awalnya dijelaskan dulu aturan – aturan terkait teknik sidang ini oleh kakak Royanatul Habibh , saya kira yang jadi pelakunya pelaksanaan sidang Cuma kakak panitia, ternyata dari kader juga, pake ada pemilihan juga voting , tegang banget ini takut kalo jadi salah satu pindang , dan ternyata alkhamdulillah tidak hehe, soalnya bingung juga harus seperti gimana. Saya fikir acara teknik sidang ini Cuma sebentar ternyata sampek berjam – jam bahkan sampek hampir pagi hebat tapi  saya lihat, teman – teman dan para kakak panitia masih sangat bersemangat melanjutkan materi ini sampai akhir .
Hari ke 3 ( Minggu , 05 Januari 2014 )
Setelah teknik sidang ini , lanjut tidur , sudah ngantuk banget , terasa hanya tidur sebentar kemudian sudah dibangunin buat sholat subuh, dan seperti biasanya setiap habis subuh ada tafsir Al – Qur’an , kali ini beda Surat lagi yaitu QS. Al – Ma’un ayat 104 ,, ini yang paling saya suka ketika acara tafsir , menambah wawasan banget . tak terasa sudah hari ketiga ini, hari terakhir .  setelah tafsir Al- Qur’an tadi ,selanjutnya acaranya yaitu ISOMA , kemudian materinya selanjutnya , kemudian dikasih tugas sama mbk virda disuruh ngerjain tugas tentang hubungan IMM dengan Kemuhammadiyahan, setelah dibagi kelompok dan dikerjakan , lanjut ke materi selanjutnya , yaitu analisis sosial  ,yang akan di isi oleh kak ibnu rusdi , pada materi ini saya sudah sedikit faham hanya saja kurang begitu lengkap jikalau tidak diberi contoh, tapi pematerinya juga membingungkan , terkadang awalnya bilang A kemudian bilang B. jadi bingung saya mencoba untuk bertnya dan meminta untuk diberikan contoh , tapi tetap membingungkan . hehe…
acara selanjutnya yaitu masih pemberian materi , yaitu materi terakhir Retorika, yang akan dipandu oleh kak  Nasar Haqiqi , dari perangainya seperti menegangkan, hehe . tapi dari awal mendengar kata retorika ini tidak asing ditelinga saya , dulu pernah dapat waktu Diniyah retorika dakwah, dan setelah pemberian materi kemudian disuruh praktek satu persatu , milih tema sendiri dan sudah disediakan sama panitia, kebetulan saya dapat tema tentang Korupsi, bingung saya membuat kerangkanya , harus memuali dari mana ini, yaa akhirnya sepengetahuan saya saja, pokok asal ngomong, entah bagaimana jadinya , . heheh walaupun gak karuan, yang lainnya teman – teman bagus – bagus dalam membawakannya. setelah acara ini istirahat sebentar ,dan sholat duhur , setelah itu mempresentasikan hasil diskusi dari tugas yang sudah mbk virda berikan , beberapa jam sesi ini berlangsung kemudian , pemilihaan nominasi hehe … beberapa kategori untuk panitia, dan juga kader . penilainya juga dari kader sendiri.
Naaa setelah ISOMA , acara selanjutnya yaitu penutupan, pada acara ini semua petugasnya dari para kader ini, dan saya kaget ketika ditunjuk jadi pesan – kesan perwakilan dari teman – teman kader, yaa berani gak berani , siap gak siap , harus siap ini , sekitaran ba’da isyak acaranya dimulai , setelah beberapa sambutan – sambutan selesai , kemuadian momen pemberian hadiah atas pemenang nominasi yang sudah diumumkan , dan sesi foto – foto banreng ni antara kakak panitia dan kader semua, disini sudah terasa banget rasa kekeluargaanya semua anggota IMM Komisariat Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya. 
Inilah cerita singkat saya, dan inilah semua yang saya rasakan selama DAD susah senang , tidak lain tujuannya adalah menimba segala ilmu yang telah diberikan oleh kakak panitia semu, semoga dengan acara ini apa yang telah diberikan akan bermanfaat bagi kemajuan baik itu kader – kader dan juga semua panitia, dan saya juga berharap kebersamaan antara kader dan juga kakak yang sudah terlebih dahulu berkecimpung dalam keorganisasian ini, tidak akan terbatas ruang dan waktu , kami terus berharap atas bimbingannya dalam segala hal.
Terimakasih atas kerja keras kakak Panitia DAD dan partisipasi para senior yang sudah meluangkan banyak waktunya atas pengambdiannya terhadap Muhammadiyah , salah satunya dengan membimbing kami semua. .
Maaf ya kakak jikalau ceritanya gak karuan dan terlalu panjang, atau malah kurang panjang. Mohon Maaf atas segala kekurangannya .



 *Amalia Utami, Kader IMM Komisariat Al-Farabi Tarbiyah dan Keguruan Korkom UIN Sunan Ampel Cabang Kota Surabaya.



Posting Komentar untuk "SECUIL PERASAAN AWAL TAHUN 2014"